METANOIAC.id Hampir semua bisnis di dunia menggunakan logo sebagai cara mereka menggambarkan dan memperkenalkan perusahaannya. Baik itu berupa tulisan ataupun ikon-ikon tertentu yang dirancang sedemikian rupa. Akan tetapi, apakah jenis logo mempengaruhi sebuah branding? Berikut penjelasannya.
1. Wordmark
Wordmark. Salah satu branding logo dengan tipe Wordmark [en.wikipedia.org]
Google merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang menggunakan branding logo tipe Wordmark. Wordmark sendiri adalah jenis logo yang lebih berfokus pada penggunaan font tertentu. Akan tetapi beberapa logo diberi elemen grafis pendukung. Logo ini juga jenis logo yang paling mudah diimplementasikan.
2. Pictorial Marks
Pictorial Marks. Bentuk logo dengan tipe Pictorial Marks. [about.twitter.com]
Logo ini merupakan jenis logo yang berfokus pada bentuk-bentuk tertentu, yang dapat mewakili filosofi serta makna logo tersebut. Seperti logo Twitter yang menggunakan ikon burung disesuaikan dengan istilah aktivitas di Twitter yaitu “Tweet” atau bisa diartikan sebagai kicuan.
3. Emblem Logo
Tahukah kalian, logo pemerintah Kota Makassar merupakan salah satu implementasi dari Emblem logo. Biasanya Emblem logo menggunakan Geometric Shape tertentu untuk menggambarkan sebuah branding. Emblem logo juga dipadukan dengan grafis dan teks.
4. Mascot
Selanjutnya ada logo yang cukup mudah dijumpai di sepanjang jalan, terutama di kota-kota besar. Mascot logo sendiri merupakan tipe logo yang berfokus pada penggunaan sebuah karakter tertentu. Mascot logo biasanya berbentuk karakter makhluk hidup, bisa manusia, hewan, maupun tumbuhan.
Itu dia beberapa logo yang mempengaruhi sebuah branding. Kira-kira jenis logo mana yang menurut Metareaders paling mempengaruhi sebuah branding? [WYN/316]