Rabu, Mei 22, 2024

Yuk Simak! Pengalaman Seleksi Mahasiswa yang Berhasil Lolos Program IISMA 2023

| METANOAIC | Torehan Tinta Pergerakan |                          | METANOAIC | Torehan Tinta Pergerakan |                          | METANOAIC | Torehan Tinta Pergerakan |

METANOIAC.id Sebanyak enam mahasiswa berasal dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil lolos dalam program bergengsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yaitu Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. 

Seperti yang diketahui bahwa IISMA merupakan salah satu program yang diusung dengan skema beasiswa yang bertujuan  untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. 

Berdasarkan grup WhatsApp preparation program IISMA khusus PNUP terdapat kurang lebih 60-an peserta yang ikut serta bersaing dalam program IISMA 2023 ini. Dan diketahui bahwa yang lulus tahap administrasi ada 13 orang peserta. Kemudian dari 13 peserta tersebut, yang berhasil lolos dalam tahap interview ada 6 orang. 

Crew Metanoiac berkesempatan mewawancarai via WhatsApp pada, Minggu (16/4) yaitu Azizah Mustafidah salah satu calon peserta program IISMA 2023 dinyatakan lolos di Ulsan College bertempat di Korea Selatan yang berasal dari program studi (Prodi) D4 Teknologi Multimedia dan Jaringan. Ia mengungkapkan bahwa ia sangat senang karena akhir dari perjuangannya selama satu tahun kini dapat terbayarkan. 

Azizah mengungkapkan bahwa selama tahap proses seleksi ia dan juga semua peserta yang lolos telah mengikuti dua tahapan proses seleksi. Adapun tahap proses seleksi meliputi: 

    1. Tahap pertama, pada tahap ini membuat essay dan pengurusan berkas-berkas sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Di sini prosesnya dapat dikatakan agak lumayan susah dan panjang.
    2. Tahap kedua, setelah dinyatakan lolos berkas selanjutnya akan masuk dalam tahap wawancara, nah pada tahap ini juga ada pengisian formulir curriculum vitae (CV). Setelah pengumuman,  jarak waktu untuk interview-nya singkat sehingga di tahap ini mental peserta yang diserang. 

Untuk tahap selanjutnya setelah dinyatakan lolos yaitu pengurusan paspor dan visa serta pembuatan akun bank yaitu Bank Republik Indonesia (BRI) bagi yang belum memiliki. Dan juga menunggu LoA dari host uniknya. Mungkin ada beberapa syarat dari kampus terkait, tetapi hal tersebut sudah disampaikan melalui pihak IISMA. Maka, persyaratan dokumen yang dibutuhkan akan disampaikan ke pihak IISMA, lalu akan diteruskan ke para awardee

Ia juga mengungkapkan bahwa berkas-berkas yang perlu disiapkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan kampus. Diantaranya yaitu persetujuan orang tua dan sertifikat bahasa. Untuk sertifikat bahasanya ada empat jenis yang bisa digunakan yaitu, IELTS, TOEFL, IBT, TOEIC, dan Duolingo.

“Saya dan teman-teman lainnya kebanyakan pakai TOEIC. Sebelum tes itu pastinya saya harus persiapkan diri matang-matang supaya bisa mendapat nilai yang sesuai dengan kriteria dari persyaratan IISMA yaitu minimum 605,” ungkap Azizah. 

Baca Juga:  Meningkatkan Potensi Kader HMAN-PNUP melalui AKSARA 2021

Azizah menambahkan bahwa ia mulai mempersiapkan diri menghadapi tes TOEIC Februari 2023 di mulai pada bulan November 2022. Ia menjelaskan bahwa kampus juga memfasilitasi peserta dengan membuat pelatihan yang dilaksanakan selama dua pekan sebelum tes dilaksanakan. Dan penilaian tertinggi terletak pada essay dan juga tahap wawancara. 

 “Kalau saya pribadi alhamdulillah tidak ada kendala cuman mempersiapkan dirinya yang cukup lama dan susah menurutku,” tambah Azizah.

Dalam program IISMA, hal ini merupakan pengalaman pertama bagi Azizah. Ia mengungkapkan bahwa ia mendapatkan informasi program ini dari teman kelasnya yang sebelumnya telah lolos di tahun kemarin. Ia juga diberi saran terkait dengan tempat tujuan yang sesuai dengan jurusannya.  

Selain itu, alasan Azizah memilih Ulsan College di Korea Selatan dikarenakan fasilitas-fasilitas yang ada di kampus tersebut sangat lengkap. Disisi lain, kampus ini juga bekerja sama dengan beberapa industri besar di Korea Selatan seperti Hyundai, LG, Samsung dan lainnya. 

“Semua itu sangat relate sama jurusanku juga. Jadi, saya pilih Ulsan untuk pilihan pertamaku,” tambah azizah.

Di akhir, ia memberikan motivasi kepada mahasiswa PNUP terkhusus bagi yang belum lolos tahun ini bahwa agar kiranya mereka tetap semangat dan berusaha. Tetap percaya masih ada hal-hal besar di depan sana yang sedang menunggu.

 “Saran saya kalau yang mau ikut tahun depan bisa siapkan diri mulai dari sekarang. Seperti permatang bahasa Inggris terutama speaking-nya, cari info tentang IISMA baik di websitenya maupun lewat alumni-nya serta ingat jangan menyia-nyiakan waktu yang ada,” tutur Azizah.

Sementara itu, Zahran Atha Dillah mahasiswa jurusan Teknik Mesin prodi D4 Mekatronika yang lolos pada Coventry University di United Kingdom juga berbagi pengalamannya selama menjalani tahap proses seleksi program IISMA 2023 ini. Ia mengungkapkan bahwa dalam tahap persiapan English test, ia bersama peserta lainnya latihan untuk membahas serta mengerjakan soal terkait dengan TOEIC yang dibimbing langsung oleh para Dosen Bahasa Inggris dari PNUP.

Setelah ia dinyatakan lolos dalam tahap English test, ia bersama peserta lainnya mempersiapkan diri untuk tahap interview terkait pertanyaan apa saja yang nantinya akan diajukan oleh interviewer. Tak hanya itu, ia juga mempersiapkan perangkat yang menunjang dalam tahap interview sehingga dapat berjalan dengan lancar. 

Zahran juga menjelaskan terkait alasannya memilih Coventry University di United Kingdom karena ia memang lebih tertarik ke Eropa serta keselarasan keahliannya memang ada disana. “Jadi saya memilih Coventry University karena feel of study-nya mechanical engineering. Hal ini masih serumpun dengan mekatronika,” jelas Zahran.

Baca Juga:  Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, IMS PNUP Gelar Pengabdian Masyarakat

Tak lupa, ia menyampaikan bahwa bagi mahasiswa yang berminat mendaftar di batch selanjutnya, agar fokus belajar bahasa inggris lagi dan memperbanyak aktivitas organisasi untuk mendapatkan pengalaman di dalam kampus. 

“Agar ada experience, mungkin ikut lomba dan dapat Juara, dan itu bisa menjadi nilai tambah dan nilai jual bagi IISMA,” tutur Zahran.

Di sisi lain, Fadel Izza mahasiswa Teknik Kimia yang berhasil lolos di Aeres University of Applied science di Belanda juga berkesempatan untuk diwawancarai oleh crew Metanoiac via WhatsApp pada Minggu, (16/4).

Fadel mengungkapkan bahwa ia senang atas keberhasilannya lolos pada program ini, sekaligus timbul rasa takut dalam benaknya. “Soalnya ini baru permulaan dan the actual journey itu mulainya saat departure nanti,” ungkap Fadel. 

Adapun tantangan yang dihadapi selama proses seleksi yaitu pengurusan dokumen selama dua bulan kemarin dan disisi lain, persiapan yang sangat penting baginya adalah mempersiapkan diri untuk English test

Important preparation ku kemarin itu ada di persiapan English test which is TOEIC dan alhamdulillah-nya setelah prepare selama kurang lebih satu  minggu lewat Youtube dan website sama konsul dengan Dosen bahasa Inggris juga finally skor EPT ku memuaskan,” jelasnya.

Fadel juga tak lupa dalam membagikan beberapa tips untuk mahasiswa yang nantinya akan mendaftar program IISMA 2024, diantaranya adalah sebagai berikut: 

    1. Siapkan English proficiency test seperti DET, IELTS, TOEFL, atau TOEIC karena hal ini  merupakan syarat utama pada program ini. Untuk mendapatkan skor memuaskan dites sesungguhnya, kalian bisa memulainya dari sekarang. Sekaligus perbanyak practice speaking agar pada tahap seleksi interview-nya berjalan lancar. 
    2. Jangan malas untuk kesana-kemari mengurus dokumen, terutama untuk menerjemahkan dan menunggu tanda tangan.
    3. Harus selalu update dan jangan malas untuk mencari update-an info sesuai dengan program ini.
    4. Dan terakhir jangan lupa untuk siapkan dana buat berbagai kelengkapan berkas serta  english proficiency test yang terbilang menguras kantong.  

Terakhir, ia menambahkan agar kiranya teman-teman mahasiswa yang belum lolos, jangan menyerah dan tetap mencari another opportunity untuk dapat terus berkembang. Mengingat bahwa program seperti ini tidak hanya ditawarkan dari IISMA saja melainkan ada banyak sekali exchange yang dapat dicoba. 

So jangan berkecil hati dan keep a good and hard work ofc!. Agak basic sih ini, as an additional motivation buat teman-teman. Juga ingat kalau misalnya we as a human cuma bisa planning sama kerahkan semua yg terbaik, sisanya let God do the rest!” tutur Fadel. [WIE/387]

Vidio Untuk Anda

Video thumbnail
AFTER MOVIE KONGRES XX
01:51
Video thumbnail
Meta-Talk: Problematika Ormawa | Episode #12
43:26
Video thumbnail
Meta-Talk: Kuliah Luar Negeri Bersama IISMA | Episode #11
41:47
Video thumbnail
MAY DAY - AKSI HARI BURUH | 1 Mei 2023 | Video Jurnalistik
05:51
Video thumbnail
TOLAK UU CIPTA KERJA | 6 April 2023 | Video Jurnalistik
08:38
Video thumbnail
Meta-Talk: Nahkoda Baru Kampus Hitam | Episode #10
58:47
Video thumbnail
After Movie Kongres XIX
01:52
Video thumbnail
Meta-Talk: Mengenal Metanoiac | Episode #9
21:08
Video thumbnail
Video Pengenalan Lembaga Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang 2021-2022
03:47
Video thumbnail
Meta-Talk: Esensi Pengaderan | Episode #8
43:18
Video thumbnail
Meta-Talk: Pers Mahasiswa Dapat Dipercaya(?) | Episode #7
16:18
Video thumbnail
Meta-Talk: Industri Kreatif | Episode #6
15:44
Video thumbnail
Kilas Balik 11 April 2022 | Video Jurnalistik
09:43
Video thumbnail
Meta-Talk: Feminisme | Episode #5
16:13
Video thumbnail
Gelap Terang Kampus Hitam | Video Jurnalistik
15:52
Video thumbnail
Kantin Fana 2 | Video Jurnalistik
03:06
Video thumbnail
Meta-Talk: Self Love | Episode #4
08:11
Video thumbnail
Meta-Talk: Mahasiswa Berprestasi di Luar Jurusannya | Episode #3
10:04
Video thumbnail
Meta-Talk: Mahasiswa vs Organisasi | Episode #2
16:26
Video thumbnail
Meta-Talk: Tahun Baru Bersama Direktur | Episode #1
32:01
Video thumbnail
Menilik Realisasi Janji Pembenahan Kantin | Short Documentary | PERSMA PNUP
10:15
Video thumbnail
Catatan 8 Oktober | Short Documentary | Persma PNUP | Omnibus Law
14:08
Video thumbnail
Suara Demonstran Omnibus Law | 14 Agustus 2020 | Persma PNUP
08:01
Video thumbnail
Opini Mereka Tentang Peran Media di Masa Pandemi COVID-19 | PERSMA PNUP #5
08:58
Video thumbnail
Mahasiswa VS Corona | Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang | Covid-19 | Video Jurnalis #4
10:01
Video thumbnail
New Year New Hope. Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang. Vidio Jurnlistik Persma PNUP #2
08:59
Video thumbnail
Kantin Fana, Video Junrlis Pemindahan Kantin PNUP #1
08:09
Video thumbnail
Pendapat Sivitas Kampus Mengenai WC yang ada di PNUP
04:24
Video thumbnail
DIKLAT BELA NEGARA MABA PNUP 2018 - RINDAM XIV HASANUDDIN
17:19
Video thumbnail
Bela Negara 2018
01:00
Video thumbnail
Wawancara Pengenalan Lembaga PKKMB 2018
02:19
Video thumbnail
CARAKA Malam Bela Negara Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Ujung Pandang 2018
01:58
Video thumbnail
Dokumentasi Aksi 2 Mei 2018 oleh Aliansi Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang
10:06
Video thumbnail
Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018
01:01
Video thumbnail
Pendidikan Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang 2018
01:00
Video thumbnail
Kunjungan Media Online Rakyatku dan Harian Fajar
01:01
Video thumbnail
Tahap Wawancara Anggota Baru Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang
01:01

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU