Entrepreneurs Festival Kembali Digelar Full Onsite


Pintu Masuk. Nampak pintu masuk Expo Entrepreneur Festival IV di pelataran Gedung AD Kampus I, Selasa (2/8). [ICU/368]

METANOAIC.id  Entrepreneurs Festival IV kembali digelar secara onsite, setelah tahun sebelumnya digelar secara Hybrid dikarenakan pandemi.

Tahun ini menjadi tahun keempat penyelenggaraan Entrepreneurs Festival, dengan mengusung tema Forming Creative and Innovative Young Entrepreneurs in The Era of Society 5.0. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur (WD) I Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Ahmad Zubair Sultan di Gedung AD Aula Lt. 3 Kampus I PNUP, Senin (1/8). 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (1-2/1) dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Dengan item kegiatannya yaitu Expo, Seminar Nasional dan Lomba Business Modal Canva (BMC). Adapun Seminar Nasional dan Lomba BMC diselenggarakan secara indoor di Gedung AD Aula Lt. 3 Kampus I PNUP. Sedangkan Expo diselenggarakan secara outdoor di pelataran Gedung AD. 

Seminar Nasional pada Senin (1/8) dirangkaikan Sharing Session dan Sosialisasi oleh pihak UPT Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PNUP. Seminar Nasional menghadirkan keynote speaker dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan dan dua pemateri yang luar biasa yaitu Iskandar Cita dan Rijal Djamal.


Pemateri. Sesi pembacaan CV pemateri pertama oleh Moderator dalam Seminar Nasional, Senin (1/8). [ICU/368]

Sharing Session menghadirkan beberapa alumni PNUP yang berhasil membangun bisnisnya dan ditutup dengan kegiatan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Kepala UPT Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PNUP.

Adapun Expo diselenggarakan selama dua hari (1-2/8) di pelataran Gedung AD Kampus I PNUP. Expo menghadirkan 20 pengusaha yang berasal dari beberapa usaha-usaha kecil yang ada di Makassar maupun di luar daerah Makassar ikut berpartisipasi. Expo juga menampilkan beberapa usaha-usaha dari mahasiswa maupun masyarakat umum.

Crew Metanoiac berkesempatan mewawancarai Nur Aulia selaku Ketua Panitia Entrepreneurs Festival IV usai Seminar Nasional mengungkapkan kendala yang dihadapi selama menjalankan kegiatan ini.

"Kalau untuk kendala itu pasti banyak kendala, kendala yang paling susah yaitu dilihat dari pemateri seminarnya bukan orang-orang biasa, orang sibuk semua jadi yah itu kendalanya bagaimana follow up pematerinya, bagaimana cara antar surat nya dan paling utama itu kami butuh sekali sponsor karena ini adalah kegiatan yang besar sekali, untuk sponsor itu kita usahakan yang besar juga supaya bisa menaikkan acara kami," jelas Aulia.

Ia juga mengungkapkan pihak kampus sangat mendukung dan merespon dengan baik kegiatan Entrepreneurs Festival IV ini. Dengan adanya kolaborasi dengan pihak kampus yaitu UPT Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PNUP memudahkan dalam UKM Wirausaha dalam hal persuratan ke pemateri seminar.

Besar harapannya agar kegiatan Entrepreneurs Festival tahun depan bisa diadakan lebih dari yang diselenggarakan tahun ini. 

"Mungkin item kegiatannya bisa ditambah lagi supaya lebih meriah dan sekaligus sebagai pemantik acara," tuturnya.

Irvan Hakim salah satu peserta Seminar Nasional dan BMC asal Universitas Haluoleo, mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan sangat relate dengan kebutuhan mahasiswa untuk menyegarkan kembali pengetahuan terkait wirausaha.

Ia juga berharap mahasiswa lebih berani dalam berwirausaha karena membuat usaha itu tidak begitu serumit yang dibayangkan, dan dimulai dari kemauan yang kuat.

"Saya berharap akan banyak dari kita mahasiswa baik yang peserta ataupun yang ada disini itu mulai mencoba dalam berwirausaha, mencobanya itu entah itu dengan mengikuti lomba atau dalam bentuk idenya dan bagaimanalah mencari mitra nantinya," tuturnya.

Adapun Entrepreneurs Festival IV ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Wirausaha PNUP bekerja sama dengan UPT Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PNUP. [ICU/368]

Posting Komentar

0 Komentar