Daun Bidara Sebagai Obat Herbal, Simak Manfaatnya Bagi Kesehatan!

 Sumber: Hops.ID

METANOIAC.id Daun bidara dengan nama latin Ziziphus mauritiana merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara liar di lahan seperti kebun. Oleh karena itu, biasanya orang tidak begitu memperhatikan tanaman yang satu ini dan hanya menganggapnya sebagai salah satu semak belukar saja, sehingga banyak orang yang asal menebang tanaman bidara meskipun sebenarnya tumbuhan yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Dilansir dari laman idntimes.com, daun bidara  mengandung senyawa  flavonoid, polifenol, dan cyclopeptide alkaloid.

Senyawa flavanoid berperan penting dalam meningkatkan antioksidan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan tersebut membuat daun bidara memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan :

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan senyawa neolignan dalam ekstrak daun bidara mempunyai efek baik bagi peredaran darah dan jantung. Neolignan bekerja meningkatkan produksi prostaglanin, yaitu hormon yang melebarkan pembuluh darah dan mencegah proses penggumpalan darah.

2. Dapat menghilangkan depresi
Khasiat daun bidara selanjutnya yaitu dapat menghilangkan depresi. Daun ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan membuat syaraf lebih tenang karena memiliki kandungan agen antiansietas (anti kecemasan). 

Agen antiansietas adalah zat yang digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit gangguan mental seperti kecemasan dan depresi tetapi tidak memberikan efek ketergantungan. 

3. Meningkatkan nafsu makan
Khasiat daun bidara untuk tubuh juga bagus dalam menambah nafsu makan. Daun ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sering telat makan dan sibuk dalam kegiatan sehari-hari.

4. Sebagai obat anti diabetes
Khasiat daun bidara juga ampuh untuk mencegah diabetes. Ekstrak daun bidara dapat meningkatkan produksi insulin dan menetralisir level gula darah. 

Bagi yang terjangkit diabetes juga bisa mencoba daun ini sebagai obat alami yang akan menjaga kadar gula dalam darah. Itulah mengapa daun ini disebut sebagai daun anti diabetes.

5. Mencegah bakteri dan virus
Studi yang dikeluarkan dalam artikel Bioscience Biotechnology Research Communications mengungkapkan bahwa ekstrak daun bidara memiliki agen anti bakteri. Khasiat daun bidara sangat baik untuk menjaga tubuh dan menguatkannya dari serangan bakteri maupun virus. Sebagian besar penyakit berasal dari virus maupun bakteri yang mengendap di dalam tubuh.

6. Mengatasi menstruasi yang tidak lancar
Khasiat daun bidara yang tidak kalah bagusnya untuk para wanita yaitu dapat mencegah haid yang tidak lancar. Kandungan senyawa dalam daun ini mampu membuat hormon seimbang dan dapat melancarkan menstruasi.

7. Menurunkan kolestrol
Fungsi daun dari daun bidara selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol, dikarenakan kolesterol dapat menjadi penyebab dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Kandungan dalam daun bidara ini dapat secara efektif mengikat kolesterol. 

8. Sebagai obat anti alergi
Studi yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacognosy Reviews mengungkapkan bahwa aktivitas anti alergi pada ekstrak daun bidara cukup kuat terhadap zat penyebab alergi (alergen). 

Mekanisme kerja zat daun bidara adalah dengan menghambat zat-zat radang menuju area alergi sehingga mencegah terjadinya pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

9. Mempercepat proses penyembuhan luka
Kandungan zat-zat fitokimia dalam ekstrak daun bidara mempercepat proses penyembuhan luka pada bagian kulit luar. Zat saponin, tanin, dan flavonoid mempercepat proses pembentukan epitel dan pembuluh darah baru pada kulit yang terluka. Selain itu, kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daun bidara juga digunakan sebagai pengobatan herbal seperti rukiah. Manfaat daun bidara untuk rukiah adalah salah satu yang paling populer. 

Pada praktiknya, daun bidara digunakan untuk rukiah syar’iyyah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun. 

Dilansir dari laman shariagreenland.co.id, tidak ada keterangan yang spesifik dari Al Qur'an dan hadis mengenai khasiat daun bidara dapat mengusir jin. 

Namun, banyak ulama yang menggunakan daun ini sebagai media untuk mengusir jin. Selama pengobatan ini efektif dan tidak melanggar syariat, hukumnya dibolehkan. 

Adapun salah satu alasan mengapa daun bidara ditakuti jin adalah bisa jadi karena daun ini bersifat racun bagi mereka. Selain itu dengan dibacakannya ayat-ayat pilihan dari Al Qur'an menambah mujarab daun ini. 

Menurut para ulama, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan ayat kursi sangat efektif untuk mengusir jin. Namun perlu dipahami juga bahwa daun bidara hanya sebatas media saja. Pembacaan ayat-ayat Al Qur'an juga hanya salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan.

Catatan bagi yang ingin mengonsumsi daun bidara agar tidak mengonsumsi secara bersamaan dengan obat yang sementara dikonsumsi juga. Hal ini tentunya akan menyebabkan efek samping.

Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu jika ingin mengkonsumsi tanaman herbal ini. Sehingga, manfaatnya tetap bisa didapat tanpa menimbulkan gejala yang membahayakan. [ARF/322]

Posting Komentar

0 Komentar