Workshop Personal Branding untuk Persiapan Hadapi Dunia Kerja


Materi. Suasana pemaparan materi Personal branding oleh Baso Alim Bahri di Gedung Teater Elektro Kampus 2 PNUP, Sabtu (14/5). [CAB/029]

METANOIAC.id Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Teknik Konversi Energi (TKE) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah menyelenggarakan Workshop Personal Branding yang dibuka oleh Ahmad Zubair Sultan selaku Wakil Direktur (WD) I pada Sabtu (14/5).

Workshop Personal Branding ini mengusung tema yaitu “Bersiap Menghadapi Tantangan Dunia Kerja”. 

Kegiatan ini berlangsung secara onsite di Gedung Teater Elektro Kampus 2 PNUP dan online melalui aplikasi Zoom. Adapun peserta yang hadir langsung sebanyak 40 dari jumlah 62 mahasiswa akhir Prodi TKE.

Workshop ini merupakan sebuah wadah dalam melakukan diskusi, sehingga menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran, saling berbagi dan mempelajari masing-masing pendapat orang lain.

Muhafidz Ahkamullah selaku ketua panitia mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa semester akhir dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja.

“Mahasiswa semester akhir dapat mempersiapkan dirinya, itulah mengapa perlunya pengalaman yang dipaparkan oleh pemateri,” ungkap Muhafidz.

Ia juga mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam proses persiapan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu terkait masalah regulasi administrasi perizinan yang masih belum dikuasai sehingga ada miss komunikasi.

Adapun materi workshop di bawakan langsung oleh Baso Alim Bahri selaku General Manager (GM) Human Capital CPI, GM Operation and Marketing KTI Area Direktur GNIK SulSel dan Ketua FKLPID BLK Makassar.

Materi pada kegiatan ini membahas seputar personal branding seorang mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. 

Dapat diketahui beberapa personal branding bagi seorang mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja yaitu:

  1. Umum

  • Mahir berbahasa inggris
  • Literasi digital yang baik
  • Memiliki resiliensi yang tinggi
  1. Akademik 

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Menguasai know-how
  1. Karakter

  • Ejaan dan aktif Digital yang kuat
  • Kreatif
  • Komunikasi secara efektif
  • Selalu ingin belajar.

Dalam kegiatan ini juga di sosialisasikan tentang Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) yang dibawakan oleh Yuliani HR selaku penanggung jawab PMMB PNUP.

Sri Suwasti selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) D3 TKE mengungkapkan bahwa dalam sosialisasi PMMB merupakan sosialisasi untuk mahasiswa semester akhir. 

"Sebenarnya bukan hanya sosialisasi PMMB tetapi sosialisasi program-program magang dan jadwalnya yang dapat diikuti oleh mahasiswa semester 6 sesuai dengan persyaratan yang sudah diatur oleh industri," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini ditekankan bahwa mahasiswa jangan menyia-nyiakan kesempatan PMMB karena kegiatan ini adalah salah satu cara meningkatkan personal branding.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar mahasiswa tingkat akhir memiliki bekal, pemahaman yang kuat, dan tahu mempersiapkan diri ketika masuk dunia kerja.

Di kesempatan yang sama, Edwin selaku peserta mengungkapkan kesannya setelah mengikuti kegiatan ini bahwa kedua pemateri sangat berpengalaman dalam bidang mereka masing-masing. [CAB/029]

Posting Komentar

0 Komentar