Daya Tampung Meningkat, Berikut Beberapa Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru PNUP

1649406112266.jpg

Brosur. Brosur daftar Prodi, jalur pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman penerimaan mahasiswa baru PNUP. [Sumber: Muhammad Asdar/Humas PNUP]

METANOIAC.id Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023. Adapun jalur pendaftaran yang dibuka yaitu:

  1. Jalur SNMPN (D3)
  2. Jalur SNMPTN (D4)
  3. Jalur SBMPN (D3)
  4. Jalur SBMPTN (D4)
  5. Jalur Prestasi
  6. Jalur Non Subsidi (JNS)
  7. Jalur Kerjasama & MSU

Ahmad Zubair Sultan selaku Wakil Direktur I (WD I) saat ditemui di ruangannya, menyampaikan daya tampung mahasiswa meningkat dari tahun sebelumnya. Total kuota mahasiswa yang diterima tahun ini sebanyak 2.520 orang berdasarkan SK Direktur yang sudah ditetapkan. Di mana kuota D4 sebanyak 1.439 orang dan D3 sebanyak 1.081 orang dengan regulasi SN minimum 20%, SB 40%, dan mandiri 30%.


Sementara pengumuman SNMPN dan SNMPTN dapat diakses pada laman resmi PNUP (poliupg.ac.id). Para pendaftar yang dinyatakan lolos pada jalur ini akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu wawancara untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan pendaftaran ulang sesuai dengan arahan kampus.

WD 1 menjelaskan wawancara akan dilakukan terlebih dahulu untuk menentukan jumlah UKT calon mahasiswa sebelum melakukan pendaftaran ulang. 


“Penentuan jumlah UKT itu berdasarkan hasil wawancara, kecuali untuk yang apply KIP Kuliah, mereka bayar UKT standar dulu yaitu Rp2.400.000 untuk D3 dan Rp 3.000.000 untuk D4,” jelasnya.


Selanjutnya ia membahas terkait penerimaan kuota jalur prestasi dan jalur kerjasama MSU. “Untuk jalur prestasi dan jalur MSU kuotanya diambil dari Jalur Non Subsidi (JNS),” tambahnya.


Sedangkan SBMPN  dibuka pada 6 April - 30 Juni 2022. Adapun SBMPTN mengikuti  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).


“Pendaftaran SBMPN sudah dimulai. Dalam pendaftaran sudah ada nomor ruangan. Kami memerlukan sekitar 110 ruangan di Kampus 2 PNUP.  Sementara pelaksanaan SBMPTN melalui tes UTBK dan hasilnya akan diserahkan di PNUP apabila ada yang memilih PNUP,” tuturnya.


Adapun jalur lain adalah jalur anak dosen dan Tenaga Pendidik (Tendik) yang merupakan usulan dari senat dan memiliki undang-undang yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 37 tentang kesejahteraan dosen.


“Jalur anak dosen dan Tendik merupakan keputusan senat dan ada dalam SK Direktur. Kuota anak dosen diambil dari kuota mandiri dan masuk dalam UKT reguler,” pungkasnya.


Sementara jalur yang ditutup adalah KKS PLN. “Jalur KKS PLN sudah ditutup dari dua tahun yang lalu dan nantinya akan dibuatkan format baru,” tuturnya.


Diakhir WD 1 memberitahukan ruangan yang akan dipakai mahasiswa baru pada saat perkuliahan onsite nantinya. 


“Perkuliahan sekarang masih hybrid. Untuk ruangan yang akan dipakai yaitu gedung sekolah, gedung baru Jurusan Konversi Energi yang terdiri dari 6 ruangan, gedung serbaguna yang terdiri dari 8 ruangan serta rusunawa juga akan dipakai apabila ruangan tidak cukup,” ucapnya. [BDW/369 ISH/382]


Posting Komentar

0 Komentar