Selamat Berkompetisi! 104 Mahasiswa PNUP Mengikuti Seleksi PMMB PT PLN

Seleksi Wawancara. Suasana seleksi wawancara antara penguji dan peserta PMMB PLN, Sabtu (16/4). [BDW 369]

METANOIAC.id Seleksi Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) PT PLN (Persero) kembali dilakukan dengan rangkaian Sosialisasi dan Uji Kemampuan Dasar Bidang Kelistrikan dan Energi yang bertempat di Gedung Teater Elektro Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Sabtu (16/4).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Yuliani HR selaku Penanggung Jawab PMMB PNUP sekaligus penguji utama serta tiga penguji yaitu, Sry Suwasti selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Konversi Energi, Ruslan selaku Kaprodi D3 Teknik Listrik, dan Ahmad Rosyid Idris selaku Kaprodi D4 Teknik Listrik didampingi Staf Prodi dan juga Mahasiswa PNUP dari ketiga Program Studi (Prodi) tersebut sebagai peserta seleksi.

Program ini melibatkan 18 Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia, Program ini juga secara rutin dilaksanakan oleh PMMB PNUP bersama PT PLN (Persero) yang sebelumnya telah dilakukan penerimaan pada batch 1. PMMB PLN Batch 2 ini mencapai total pendaftar sebanyak 104 orang dengan jumlah kuota penerima yang tersedia hanya 50 kuota yaitu: Prodi D3 Teknik Listrik (15 orang), D4 Teknik Listrik (20 orang) dan D3 Konversi Energi (15 orang). 

[Baca juga: Persiapkan Mahasiswa PNUP Sukses di Masa Muda melalui Sosialisasi Program Magang Mahasiswa].

[Baca juga: PMMB Bekerjasama dengan KAMUPI PNUP Gelar Lomba CCQ Sekaligus Silaturahmi Antar Muslimah PNUP].

[Baca juga: Disambut Antusias oleh Mahasiswa, Sosialisasi PMMB Dirangkaikan dengan Lomba Cepat Tepat Dasar Proses dan K3L].

Adapun beberapa tahap dan seleksi diantaranya: 

  1. Tahap pendaftaran (sudah terlaksana)
  2. Tahap seleksi wawancara (sudah terlaksana)
  3. Tahap seleksi pakta integritas
  4. Tahap Seleksi bersama PT PLN (Persero)
  5. Tahap pembekalan.

Sosialisasi. Sosialisasi PMMB yang dilakukan oleh Yuliani HR kepada para peserta PMMB PLN, Sabtu (16/4). [BDW/369]

Yuliani HR selaku Penanggung Jawab PMMB PNUP menjelaskan perbedaan PMMB ini dengan program magang lainnya.

“Pihak PLN saat ini hanya membuka 3 Prodi tersebut karena lebih spesifik merujuk kepada PLN dan dikaitkan kuota yang disiapkan itu hanya 50 orang, sebab tidak mungkin semuanya diambil," jelasnya. 

"Maka bagi yang cocok dan sesuai pada kompetensinya dengan target harapan mereka bisa menjadi karyawannya nanti, maka kita harus memberikan yang terbaik juga melalui seleksi, serta membatasi 2 hari pendaftaran karena kita membutuhkan komitmen dan integritas yang tinggi. Maka dengan dibukanya seleksi ini, tetap menjadi kompetisi guna memberikan yang terbaik dengan target skill yang bagus dengan menggali potensi yang dimiliki termasuk motivasinya dalam kesiapannya mengikuti program ini,” lanjutnya.

Ditemui setelah mewawancarai peserta, Sry Suwasti selaku Kaprodi D3 Konversi Energi mengungkapkan tujuan dilakukannya seleksi tersebut adalah untuk bekal tambahan terkait dunia industri.

“Untuk memberikan tambahan terkait dengan pengenalan industri kepada mahasiswa yang nantinya menjadi bekal mereka untuk berkecimpung di dunia industri dalam hal mendapatkan pekerjaannya, kemudian juga menjadi salah satu yang dibutuhkan dalam hal meningkatkan akreditasi dan kualitas mahasiswa tersebut,” ungkapnya.

Ruslan selaku Kaprodi D3 Teknik Listrik juga menyampaikan harapannya bagi mahasiswa yang lulus program ini nantinya.

“Semoga mahasiswa yang diterima PMMB PLN ini bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan dan tidak mengecewakan, serta dapat diterima menjadi staf di PLN nantinya,” tuturnya.

Crew Metanoiac berkesempatan mewawancarai Alwi Rizal dari Prodi D3 Teknik Listrik sebagai salah satu peserta seleksi mengungkapkan perasaannya mengikuti PMMB PLN.

“Saya merasa sangat bersemangat karena nantinya sertifikat yang didapatkan pada saat magang ini dapat digunakan pada saat bekerja nanti,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan harapannya jika lulus program ini nantinya kelak bisa mendapatkan pengetahuan lebih mengenai PT PLN (Persero) tersebut. 

“Semoga dengan mengikuti PMMB ini bisa lebih paham lagi terkait tentang PLN bahkan magangnya berlangsung selama 6 bulan, karena pada saat PKL dulu ilmu yang didapatkan itu masih kurang,” tutupnya. [BDW/369 SYL/355]

Posting Komentar

0 Komentar