Berlandaskan Syariah, Prodi Baru Jurusan Akuntansi Bisa Menjadi Daya Tarik Bagi Calon Mahasiswa Baru

Daftar. Daftar Prodi yang ada di Jurusan Akuntansi PNUP. [Sumber: umpn.mentorbelajar.com]













METANOIAC.id Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dikabarkan akan memiliki sebuah Program Studi (Prodi) baru D4 bernama Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah. Namun belum ada waktu yang jelas, karena harus melalui persetujuan direktur yang diawali dengan pengajuan proposal.


Samsul Bahri selaku Ketua Jurusan Akuntansi PNUP, menjelaskan terkait perencanaan prodi baru tersebut.


"Sebenarnya perencanaan itu sudah lama, hanya saja proses yang panjang sehingga saya masih pesimis untuk tahun ini. Karena masih terkendala sedikit. Kendalanya adalah harus ada minimal 10 mata kuliah inti yang menyangkut tentang Rencana Pembelajaran Semester (RPS), sedangkan kita disini tidak ada yang berlatar belakang syariah" ujarnya.


Diketahui bahwa Jurusan Akuntansi memiliki dua Prodi pilihan yang banyak menarik minat para calon mahasiswa di tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah nantinya, diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi para calon mahasiswa dalam memilih prodi yang ada pada Jurusan Akuntansi di PNUP.


Perencanaan Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah akan dijalankan dengan berfokus pada kaidah dan hukum syariat Islam yang berintegritas pada masyarakat muslim.


Samsul Bahri mengatakan telah menyiapkan beberapa mata kuliah inti yang akan disajikan nantinya dalam Prodi baru ini, antara lain:

  1. Fiqih Muamalah

  2. Akuntansi Keuangan Syariah

  3. Akuntansi Perbankan Syariah

  4. Manajemen Keuangan Syariah

Pada pendaftaran calon mahasiswa baru nantinya, Prodi baru ini memiliki syarat dan ketentuan khusus untuk para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya.  Adapun Syarat dan ketentuan tersebut wajib untuk diikuti dan merupakan sebuah kunci kelulusan bagi para pendaftar, diantaranya:


  1. Beragama Islam

  2. Mengikuti tes mengaji

  3. menggunakan jilbab bagi perempuan

  4. dan sebagainya


Lalu, bagaimanakah tanggapan dari mahasiswa di Jurusan Akuntansi mengenai perencanaan Prodi baru tersebut? 


Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh crew Metanoiac, mahasiswa nyatanya sangat mendukung dan memberikan respon positif mengenai pembuatan Prodi baru tersebut, karena dianggap merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Jurusan Akuntansi.


Andira salah satu mahasiswa D4 Akuntansi Manajerial mengungkapkan pendapatnya terkait hal tersebut.


"Pembukaan Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah pada Jurusan Akuntansi PNUP merupakan sebuah terobosan baru yang menarik. Pasalnya, Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah nantinya akan menarik minat dari calon mahasiswa utamanya lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Agama Islam seperti Madrasah Aliyah (MA), pondok pesantren dan lain-lain," ungkapnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa kedepannya prodi ini akan mampu memberikan output terbaiknya serta dapat terus maju untuk mendidik anak bangsa, Sabtu (9/4). [ANP/381 LY/354]

Posting Komentar

0 Komentar