“Resmi” Pelepasan Mahasiswa Magang Bersertifikat MSIB dan PMMB 2022

Foto. Foto Bersama Penanggung Jawab PMMB, WD I, WD II dan perwakilan mahasiswa yang lulus MSIB dan PMMB, Kamis (03/02). [BDW/369]

METANOIAC.id
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali melakukan Kegiatan Pelepasan Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) bertempat di  Gedung Aula lantai 3 PNUP, Kamis (03/02). 

Tujuan diadakan pelepasan mahasiswa magang ini yaitu sebagai bentuk dukungan kampus bagi mahasiswa bagi yang lulus magang sekaligus motivasi bagi mahasiswa lain agar dapat mengikuti program mahasiswa magang bersertifikat ini berikutnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Direktur (WD) I, Wakil Direktur (WD) II, perwakilan dari berbagai Kepala Program Studi (Kaprodi), Penanggung Jawab PMMB, dan salah satu Mitra Perusahaan (Kalla Group) serta mahasiswa yang dinyatakan lulus magang.

Ahmad Zubair Sultan selaku WD I memberikan sambutan sekaligus meresmikan pelepasan mahasiswa magang bersertifikat ini. Pada sambutannya ia berpesan bahwa mahasiswa yang telah lulus magang agar mampu menekankan sikap, kedisiplinan, kejujuran, dan mampu menyesuaikan diri sendiri pada saat berada di industri. 

Yuliani HR selaku Penanggung Jawab PMMB menjelaskan bahwa pelepasan mahasiswa magang terkhusus MSIB ini merupakan batch 2 yang sebelumnya batch 1 telah dilakukan pada tahun 2021 dan untuk FHCI, ini merupakan batch 1. 

“Perbedaan Batch 1 dan 2 yaitu paradigma pembagian batchnya, dimana batch 2 mengikuti MSIB sedangkan untuk Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menggunakan dua batch dalam setahun, sehingga ini merupakan batch 1 pada program Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk tahun 2022,” ungkapnya.

Total mahasiswa yang lulus MSIB batch 2 ini mengalami peningkatan yang signifikan, dimana pada batch 1 sebanyak 20 orang dan untuk batch 2 diikuti sebanyak 95 orang. Namun, ada kemungkinan jumlah mahasiswa yang lulus ini akan terus bertambah.  

Pada program kampus merdeka, mahasiswa yang dinyatakan lulus program MSIB batch 2 ini tetapi tidak mengambil program tersebut dan ingin mendaftar pada batch selanjutnya boleh saja tetapi untuk program magang FHCI, mahasiswa kemungkinan akan sulit diterima.

“Karena perusahaan BUMN pada FHCI itu mencari orang-orang yang berkomitmen," tambah Yuliani HR.

Sambutan. Sambutan Yuliani HR selaku Penanggung Jawab MSIB dan PMMB. [BDW/369]

Lebih lanjut, terkait untuk pengumuman FHCI akan diumumkan pada 7 Februari 2022. Sebelumnya penempatan mahasiswa magang tersebar pada berbagai perusahaan BUMN di Indonesia. Namun, karena masih dalam pandemi Covid-19 maka penempatan magang hanya berada pada wilayah Makassar.

Yuliani HR juga berpesan bahwa mahasiswa yang lulus magang agar jangan terlena dengan suasana magang dan tetap mengingat bahwa mereka masih mahasiswa. Sementara untuk yang tidak lulus magang untuk tetap semangat, lebih bekerja keras lagi dan jangan hanya selalu berpikir tentang keberuntungan.

Pada kesempatan yang sama Crew Metanoiac mewawancarai, Regena Sherly Padandanan yang merupakan mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro dan Gideon Sebastian dari jurusan Teknik Mesin sebagai mahasiswa yang telah lulus dan telah mengikuti program MSIB pada batch 1 merasa bangga bisa lulus di kampus merdeka, dan menganggap sebuah yang hal luar biasa sebab beberapa perusahaan yang dicoba daftar itu sangat sulit untuk lulus. Dengan adanya program kampus merdeka ini dapat mempermudah mahasiswa untuk magang dan menambah pengetahuan serta relasi. 

Mereka berpesan kepada mahasiswa yang lulus magang bersertifikat ini agar tetap semangat dan melaksanakan tanggung jawab masing-masing, tidak hanya memikirkan uang sakunya tetapi pengalaman yang terutama dan harus lebih proaktif. Sementara untuk mahasiswa yang tidak lulus jangan patah semangat, karena  masih banyak program lainnya. Jadi wajib cari informasi dan jangan berharap sama orang, intinya tetap mencari dan meningkatkan kualitas diri, banyak belajar dan banyak mempersiapkan diri. [ARF/322/ BDW/369]

Posting Komentar

0 Komentar