Apa Itu Metaverse dan Alasan Facebook Berganti Nama

 

Sumber: Creativebloq.com

Apa itu Metaverse yang sebenarnya?

METANOIAC.id Tidak ada definisi yang diterima secara universal tentang "Metaverse" yang sebenarnya, kecuali mungkin bahwa itu adalah penerus internet yang lebih menarik. 

Matthew Ball, penulis ekstensif Metaverse primer mendefinisikan:

“Metaverse adalah jaringan luas dunia dan simulasi 3D yang diberikan secara real-time dan persisten yang mendukung kesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran, hak, dan dapat dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas secara efektif, masing-masing dengan individu rasa kehadiran".

Facebook (dalam hal ini Meta), bisa dibilang perusahaan teknologi dengan saham terbesar di Metaverse mendefinisikan: 

“Metaverse adalah seperangkat ruang virtual tempat anda dapat membuat dan menjelajah dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda." 

Metaverse dapat membuat kita melakukan hampir semua hal yang dapat kita bayangkan, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi serta pengalaman yang benar-benar baru yang tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan. 

Metaverse akan menghadirkan perasaan seperti kita berada di sana dengan orang lain atau di tempat lain. Meta telah membuat film yang mengeksplorasi bagaimana kita bisa menggunakan Metaverse suatu hari nanti. 

Alasan Facebook berganti nama 

Facebook sebagaimana diumumkan CEO, Mark Zuckerberg telah berubah nama menjadi Meta, Kamis (28/10/2021) waktu AS.

Alasan mengapa Facebook berganti nama perusahaan menjadi Meta ialah untuk mencerminkan siapa mereka dan apa yang ingin perusahaan mereka bangun. Selain rebranding, nama Meta dipilih untuk memperkuat posisi Facebook di Metaverse, yang menurut Zuckerberg merupakan masa depan internet. 

“Pekerjaan kami di metaverse bukan hanya salah satu dari segmen ini. Metaverse mencakup pengalaman sosial dan teknologi masa depan. Saat kami memperluas visi kami, saatnya bagi kami untuk mengadopsi merek baru,” kata Zuckerberg.

“Untuk mencerminkan siapa kami dan masa depan yang ingin kami bangun, saya bangga untuk berbagi bahwa perusahaan kami sekarang adalah Meta,” tambahnya. 

Rebranding adalah bagian dari upaya perusahaan untuk beralih dari hanya dikenal sebagai perusahaan media sosial dan fokus pada rencana Zuckerberg untuk membangun Metaverse

Facebook telah banyak berinvestasi dalam teknologi augmented reality dan virtual reality untuk memperkuat posisi mereka di Metaverse. Tidak main-main Meta menyiapkan dana hingga 143 triliun rupiah lebih untuk membangun Metaversenya.

Setelah perubahan nama tersebut, Meta dalam misinya tidak berubah. Meta ingin menghubungkan orang di seluruh dunia.[PNG/358]

Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar