5th Mechatronics Day, Peningkatan Kualitas Teknologi Mekatronika

 

Suasana. Suasana Gedung Teater Elektro Kampus 2 PNUP saat Kegiatan Mechatronics Day, Rabu (19/1). [YY/334]

METANOIAC.id Mechatronics Day yang kelima kembali dilaksanakan secara onsite setelah tahun sebelumnya dilaksanakan secara online. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Teater Elektro Kampus II Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Rabu (19/1).

Mechatronics Day kali ini memiliki 3 agenda kegiatan yaitu Internship Seminar, Proyek Seminar serta Proyek Expo. 

Output yang ingin dicapai pada kegiatan kali ini diharapkan agar Program Studi Mekatronika dapat menyosialisasikan teknologi mekatronika yang dimilikinya, serta dapat memperkenalkan PNUP kepada sekolah menengah, khususnya yang memiliki Prodi Mekatronika seperti SMK Negeri 5 Makassar dan SMK-SMTI Makassar.

Menurut Imran Habriansyah, selaku salah satu staf pengajar di Prodi Teknik Mekatronika sekaligus Ketua Panitia pada kegiatan Mechatronics Day tahun ini, perbedaan Mechatronics Day tahun ini dan sebelumnya itu hanya terletak pada kualitas teknologinya. 

“Setiap tahun itu selalu ada pengembangan teknologi dari proyek-proyek mahasiswa, dari generasi ke generasi pengembangan teknologi dari tahun ke tahun itu pasti berubah. Jadi peningkatan itu berada pada kualitas teknologinya,” jelas Imran.

Proyek. Smart Hens Cage, salah satu proyek terbaik pilihan partisipan di Mechatronics Day. [YY/334]

Proyek-proyek yang ditampilkan ada 8, di antaranya Water Level Control, Integrated Conveyor Control Sistem, Ball Collector Robot, Smart Garden, Smart Home, Smart Roll Way Gate, Smart Hens Cage, dan Water Surface Robot Crash Avoider. Proyek-proyek yang dipamerkan tersebut kebanyakan menggunakan Internet of Things (IoT), karena sekarang ini telah memasuki industri 4.0.

Imran berharap agar kegiatan Mechatronics Day lebih ditingkatkan kualitasnya mulai dari kualitas produk yang ditampilkan, presenter-nya, serta kualitas partisipannya.

Yaston Pasulu’ selaku mahasiswa angkatan 2021 Prodi Mekatronika memiliki kesan yang baik pada kegiatan ini. 

“Saya mendapat pengalaman baru, saya bisa melihat proyek-proyek baru. Proyek-proyek yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh saya, namun di sini saya mendapatkan itu,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan pesannya untuk Mechatronics Day selanjutnya agar lebih dari tahun ini. "Saya berharap kegiatan selanjutnya lebih seru serta lebih banyak proyek yang dapat ditampilkan," tambahnya.

Pada akhir acara diumumkan tiga proyek terbaik yaitu Smart Garden untuk urutan ketiga, diikuti Water Surface Robot Crash Avoider yang menempati urutan kedua, serta tempat pertama diisi oleh Smart Hens Cage sebagai proyek paling menarik berdasarkan hasil vote para partisipan. [YY/334 KVV/319]

Posting Komentar

0 Komentar