Trans Mamminasata: Angkutan Umum Baru untuk Masyarakat Makassar

Trans Mamminasata. Tampak bagian luar bus Trans Mamminasata. [Sumber: detik news]

METANOIAC.id Teman Bus atau Trans Mamminasata merupakan angkutan umum yang dapat digunakan masyarakat untuk bepergian di Kota Makassar.

Saat ini terdapat 81 bus unit Trans Mamminasata yang dibagi pada 4 koridor. Khusus untuk koridor IV sendiri, terdapat 24 unit bus yang tersedia di mana sebanyak 21 unit beroperasi dan selebihnya merupakan cadangan. Sementara untuk daya tampung bus dapat memuat sebanyak 30 orang, 18 disediakan untuk umum dan 12 sisanya disediakan untuk penumpang lanjut usia (lansia) yang memakai kursi roda.

Penyusunan kursi penumpang juga dibuat agak berjarak sehingga orang-orang tetap merasa nyaman dan aman terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang. Tidak hanya kursi, Trans Mamminasata juga menyediakan fasilitas berupa Air Conditioner (AC) yang dapat menyejukkan penumpang.

Melakukan masa uji coba sejak November lalu, sejauh ini Trans Mamminasata telah memiliki empat koridor yang tersedia di Kota Makassar yaitu :

  1. Koridor I (Malengkeri-Kampus Unhas
  2. Koridor II (Mall Panakukang-Bandara Sultan Hasanuddin) 
  3. Koridor III (Kampus II PNUP-Kampus II PIP Salodong) 
  4. Koridor IV (Kampus UIN Samata-Pelabuhan).

Adapun untuk keempat koridor di atas bukan merupakan rute permanen dan bisa saja berubah di lain waktu. "Koridor tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sehingga masyarakat diharapkan mengunduh aplikasi Teman Bus dan selalu cek pembaruan jadwal dan rute pada aplikasi tersebut," jelas Arron Stef sebagai salah satu pihak pelayanan Trans Mamminasata.

Selain pembaruan jadwal dan koridor Trans Mamminasata, aplikasi ini juga menampilkan estimasi waktu perjalanan. Jadi, sebelum menaiki bus tersebut, penumpang terlebih dahulu bisa memeriksa rute dan jam keberangkatan sekaligus jam tiba melalui aplikasi Teman Bus.

Selama masa uji coba, bus yang beroperasi pada pukul 05.00-22.00 WITA ini belum menerapkan pembayaran kepada penumpang atau bisa dikatakan masih gratis. Namun, apabila masa uji coba telah selesai, maka bus ini akan berbayar dengan menerapkan pembayaran non tunai yakni dengan kartu (Tap Cash BNI, E-Money Mandiri, Brizzi BRI dan Flazz BCA).

Hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi mengenai harga untuk sekali jalan. Namun, menurut salah satu driver harganya diperkirakan akan berada di bawah Rp 5.000 untuk sekali jalan serta ada harga khusus bagi pelajar. [OTW/379 ACA/343]

Posting Komentar

0 Komentar