Searching...
Jumat, 05 November 2021

 

Talkshow. Kegiatan Talkshow Entrepreunership Expo dan Job Fair di Auditorium Kampus 2 PNUP, Kamis (4/11). [SYL/355]

METANOIAC.id UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali menyelenggarakan Entrepreunership Expo dan Job Fair. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Kampus 2 PNUP, Kamis (4/11).

Entrepreunership Expo dan Job Fair memiliki beberapa rangkaian acara seperti talkshow yang menghadirkan narasumber hebat dan memberikan wawasan demi persiapan diri menghadapi dunia kerja. Sebagai acara tahunan kampus, secara antusias diikuti sebanyak 32 Expo wirausaha yang menampilkan berbagai produk dari mahasiswa seperti makanan, busana, aksesoris, kerajinan tangan, jasa, dan elektronik serta menghadirkan 8 Booth Perusahaan yang turut berkolaborasi diantaranya adalah PT Biota Laut Gangga (BLG), PT Pelindo IV (persero), PT Trakindo Utama, PT Bosowa Utama, PT Indomarco Prismatama, PT Intan Sejahtera Utama, PT Kalla Inti Karsa, PT Gunbuster Nickel Industri. Perusahaan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi karier lulusan di dunia kerja. 

Pada kesempatan tersebut, Hasdar Djufri selaku UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan PNUP mengapresiasi digelarnya kegiatan ini ia berharap kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi para pencari kerja dan perusahaan yang memerlukan tenaga kerja guna mengurangi angka pengangguran.

Sementara itu, Andi Muhammad Akbar selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan konsep kegiatan dilakukan secara indoor dan selalu mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan. "Peserta dan perusahaan begitu antusias dengan konsep acara indoor karena membangun suasana baru, kami juga selalu mengingatkan untuk tidak berkerumun dan menaati protokol kesehatan, tetapi karena pengunjung membludak jadi seperti ini," tuturnya.

Ia juga menambahkan persyaratan untuk menjadi peserta serta dana yang diperoleh untuk kegiatan. “Persyaratannya harus ikut seminar kewirausahaan terlebih dahulu, maka yang lolos usahanya itu bisa dijalankan dengan menyusun proposal, jika lolos maka bisa jadi peserta. Adapun dana yang diperoleh peserta yang lolos proposal adalah bantuan dari Kementrian kewirausahaan,” jelasnya.

Disamping itu kami juga berkesempatan mewawancarai salah satu peserta yaitu Muh. Asdik Pascal dengan produk usaha insukur.ina. Ia mengungkapkan antusiasme dalam mengikuti kegiatan ini walaupun menemui beberapa kendala. “Cukup antusias, namun beberapa kendala penyusunan strategi persiapan kami alami dikarenakan masing-masing ada kesibukan di luar baik akademik maupun waktu, tetapi itu bukan suatu kendala besar sehingga kegiatan usaha tetap terlaksana baik dan lancar,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk produk usaha mahasiswa. Dengan harapan produknya lebih dikenal masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. “Kegiatan ini adalah sebuah wadah yang sangat baik sekali dari PNUP, dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini produk kami lebih dikenal dan semoga jangkauannya lebih luas bagi masyarakat,” tambahnya.

Lailatul Mufidah juga selaku salah satu peserta expo dengan produk usaha makanini.id mengungkapkan perasaannya selama mengikuti kegiatan ini. “Sangat senang, karena telah diberikan leluasa dalam mengenalkan produk usaha dan diberikan fasilitas yang cukup baik serta banyaknya masyarakat umum yang datang sehingga produk usaha kami dilancarkan” ujarnya.

Ia juga berharap pada kegiatan ini kampus segera merelokasi tempat bagi pembangun usaha. “Harapan saya kegiatan ini mampu menambah jaringan masyarakat luar untuk melihat produk usaha lokal buatan mahasiswa PNUP serta kampus juga secepatnya merelokasi tempat bagi pembangun usaha agar tidak usah membuat orderan karena kampus akan menyediakan tempat untuk usaha,” tambahnya. [SYL/355]

0 komentar: