Searching...
Kamis, 16 September 2021

Sumber: instagram.com/asfarjhon

METANOIAC.Id Hari libur merupakan hari yang sangat ditunggu oleh masyarakat yang sehari-harinya bekerja untuk melanjutkan hidup. Namun, keseringan bekerja bisa menimbulkan banyak pikiran dan memicu stres. Dibalik semua itu, seseorang perlu melakukan aktivitas lain seperti refreshing atau liburan untuk menghilangkan jenuh. Liburan dapat mengembalikan mood dan meningkatkan kinerja. Pertanyaannya adalah, apakah anda telah memiliki referensi destinasi wisata? Disini saya akan merekomendasikan tempat untuk berlibur dengan teman kerja ataupun keluarga yang berada di Kabupaten Takalar. 

Takalar merupakan kabupaten yang terkenal dengan penghasil jagung dan ikan. Namun, tidak hanya itu, ternyata ada juga tempat yang bisa dijadikan self healing seperti di Desa Ko’mara Kabupaten Takalar. Disana terdapat air terjun bernama Air Terjun  Ko’mara yang merupakan tempat wisata. Jarak yang ditempuh untuk bisa sampai kesana adalah ±2-3 jam dari Kota Takalar. Kondisi jalanan yang dilalui sama dengan kondisi jalan menuju Malino Kota Bunga. Namun, jalur yang dilalui bisa terbilang lebih ekstrem. 

Pemandangan disekitar air terjun masih sangat asri dan terkesan masih alami. Bebatuan yang berada disekitar air terjun memberikan kesan alami karena tata letak bebatuan terbentuk oleh kondisi geografis alam. Sepanjang jalan menuju lokasi banyak pemandangan yang bisa dinikmati keindahannya dan juga bisa diabadikan untuk memenuhi kebutuhan media sosial. Sayangnya, fasilitas masih kurang sehingga akses untuk kesana masih sangat terbatas.

Kendaraan harus diparkir dipinggir jalan untuk sampai ke tempat tujuan, karena akses kendaraan masuk tidak ada, yang ada hanya jalan setapak yang bisa dilalui dengan jalan kaki. Jarak dari jalanan ke air terjun tidaklah jauh karena pada saat kendaraan terparkir, suara gemuruh air terjun sudah terdengar. Saat berjalan kaki menuju lokasi, kita akan disuguhkan keindahan hutan.

Adapun tempat penitipan barang hanya batu besar yang datar. Kita juga dapat camping disana. Saran untuk metareaders yang ingin ke Air Terjun Ko’mara, sebaiknya menyediakan bekal dan baju ganti. Seperti yang telah dijelaskan, fasilitas di area wisata terbilang sangat minim, bahkan mendekati kalimat “tidak ada fasilitas” hanya ada petunjuk jalan untuk menuju kesana. Semoga pemerintah setempat bisa memanfaatkan tempat tersebut agar bisa menarik para wisatawan dari berbagai daerah. [MB/331]

0 komentar: