Searching...
Rabu, 12 Mei 2021

  

Portal SBMPN. Tangkapan layar portal SBMPN yang tidak dapat diakses, Rabu (12/5). [INK/296]

METANOIAC.id Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2021 telah dibuka pada 10 Mei 2021 lalu. Namun, hingga hari ini, portal pendaftaran pada tautan https://sbmpn.politeknik.or.id belum bisa diakses, Rabu (12/5).

Muhammad Asdar selaku staf Humas PNUP membenarkan hal tersebut. "Server portal mengalami maintanance, sehingga kebijakan panitia resetting jadwal pendaftaran yang semula dimulai 10 Mei 2021 menjadi 17 Mei 2021," katanya saat diwawancarai via Whatsapp.

Pelaksanaan SBMPN tahun ini tidak lagi terkonsentrasi pada satu titik (panitia pusat) namun, sudah diserahkan secara otonomi kepada masing-masing Satuan Kerja (Satker) Politeknik Negeri.

Untuk biaya pendaftaran SBMPN PNUP, kategori Rekayasa atau Tataniaga sebesar Rp 150.000 dan untuk kategori Campuran (Rekayasa dan Tataniaga) sebesar Rp 200.000.

Adapun model ujian setiap Politeknik Negeri menggunakan dua sistem yaitu Onsite dan Online/CBT (Computer Based Test) .

"Khusus PNUP, pelaksanaan SBMPN diselenggarakan satu hari secara onsite menggunakan 2 kampus (mongcongloe dan Tamalanrea) untuk pendaftar IPA-IPS dan IPC dengan prokes yang ketat," ucap Asdar.

Pamflet SBMPN 2020. Pamflet syarat dan alur pendaftaran SBMPN 2020, Rabu (12/5). [INK/296]

Selain itu, syarat pendaftaran SBMPN PNUP hampir sama dengan tahun lalu. Hanya saja, beberapa poin mengalami sedikit perbedaan di antaranya poin 2 yang tahunnya diganti menjadi 2019 serta poin 3, 4, 5, dan 10 dihapuskan yang berisi sebagai berikut:
2. tahun kelulusan maksimal 2019 dan usia maksimal 21 tahun;
3. pendaftar yang telah dinyatakan lulus murni pada jalur SMPN, tidak dapat mengikuti jalur SBMPN lagi;
4. bagi yang lulus cadangan dan sudah mendapat panggilan pada jalur SMPN tetapi tidak mendaftar ulang, maka tidak dapat mendaftar SBMPN lagi;
5. cadangan yang lulus jalur SMPN tetapi tidak mendapat panggilan, dapat mendaftar pada jalur SBMPN;
10. pastikan TIDAK BUTA WARNA untuk memilih Jurusan Teknik Elektro, Teknik Kimia, D4 Teknik Pembangkit Energi, D4 Teknik Mekatronika, D3 Teknik Konversi Energi, dan prodi Otomotif.


Pamflet SBMPN 2021. Pamflet informasi SBMPN 2021 terbaru, Rabu (12/5). [INK/296]

Asdar berharap kepada calon Mahasiswa Baru agar tetap memperhatikan informasi dari media resmi PNUP dan tetap waspada apabila ada penipuan. "Kontak Panitia hanya ada 3 nomor sesuai yang ada di player. Bila ada oknum yg tidak bertanggung jawab mengatasnamakan panitia (mengiming-imingi dapat meluluskan dsb) agar tidak merespon/mengabaikan saja," tutupnya.

Diketahui, sebelum penetapan nama SBMPN berdasarkan pada keputusan Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia yang diadakan di Surabaya pada Desember 2019, penamaan untuk jalur tes pada tingkat Politeknik sempat digunakan dengan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). [INK/296]

0 komentar: