Searching...
Kamis, 27 Mei 2021


Screenshoot. Screenshoot pelaksanaan webinar PJM ke-36 yang dilakukan secara daring. [AR/303]

METANOIAC.id Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Aspirasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, telah menyelenggarakan web seminar (webinar) pendidikan jurnalistik pada Senin-Selasa, 24-25 Mei 2021.

Webinar dengan tema "Bencana Melanda: Dimana Peran Jurnalisme Berada?" ini dihadiri sekitar 90 hingga 100 orang dengan kategori peserta umum via Zoom Meeting. 

"Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang jurnalistik bagi sesama pers mahasiswa, mahasiswa, dan masyarakat umum agar membuka pandangan terhadap perkembangan media," tutur Adhiva Windra Maulana selaku Ketua Panitia.

Ia juga menambahkan bahwa tema tersebut diambil karena melihat situasi Indonesia saat ini menghadapi berbagai bencana alam maupun nonalam.

"Beberapa penyampaian informasi yang dibuat oleh media terkadang tidak tepat dan lebih mengeksploitasi kesedihan korban, sehingga penting bagi seorang jurnalis memahami bagaimana cara yang tepat dalam meliput sebuah bencana," tambahnya. 

Webinar Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM) ke-36 ini memiliki perbedaan dengan webinar sebelumnya. Bukan hanya tema yang berbeda, tetapi juga penyelenggaraannya yang sebelumnya dilakukan secara luar jaringan (luring) kini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). 

Selanjutnya, Ahmad Mujahid sebagai salah satu peserta webinar menyampaikan ia tertarik ikut serta karena temanya. 

"Saya tertarik untuk mengikuti webinar ini karena temanya yang membuat saya bertanya-tanya, bagaimana seorang jurnalis meliput berita? Apakah hanya sekadar memberikan informasi saja?" ujarnya

Ia juga merasa lebih tertarik dengan materi "Apa Itu Jurnalisme Bencana?". Menurutnya,  pada sesi ini menjelaskan peran sebagai jurnalis baik sebelum hingga pasca bencana terjadi dalam melakukan kegiatan peliputan berita. [RM/293 AR/303]

0 komentar: