Searching...
Jumat, 23 April 2021


Sumber : freepik

METANOIAC.id Tepat 23 April hari ini dirayakan sebagai Hari Buku Sedunia. Baik penulis, pembaca, bahkan orang yang mengoleksi bukupun antusias dalam merayakan hari yang membanggakan ini. 

Kerap kali kita membiarkan buku tergeletak di mana saja, hingga buku tersebut berdebu. Berbeda halnya dengan orang-orang yang mencintai buku pasti merawatnya dengan sangat baik. Apabila anda masuk dalam kategori itu, pasti anda tetap meluangkan waktu untuk merawat buku anda.

Berikut adalah tips merawat buku agar tidak mudah rusak.

1. Simpan dan susun rapi dalam rak buku

Selain memberikan kesan yang enak dipandang mata, juga memudahkan kita dalam mencari buku yang ingin dibaca. Pilih rak buku yang terbuka agar mudah saat ingin dibersihkan

2. Menyusun buku dengan posisi berdiri

Buku yang disusun berdiri memudahkan udara masuk ke sela-sela lembaran buku. Sekadar informasi bahwa buku yang disusun secara bertumpuk akan membuat lembarannya lembab. Hal ini diakibatkan karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk pada lembaran buku.

3.Menambahkan sampul plastik pada buku

Sampul bening untuk menutupi sampul utama buku agar dapat membaca judul buku yang ingin dibaca. Menambahkan sampul plastik pada buku dapat menjaga keutuhan buku. 

4. Hindari buku dengan sinar matahari secara langsung

Buku yang sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat lembaran buku terlalu kering. Lembaran buku dengan mudahnya akan berubah warna aslinya. Selain itu, paparan sinar matahari yang terlalu lama akan membuat lembaran buku menjadi bergelombang.

5. Biasakan menggunakan pembatas buku

Kerap kali masyarakat pembaca buku melipat lembarannya untuk menandai halaman yang telah dibacanya. Gunakan pembatas untuk menandai halaman agar lembaran buku tidak rusak.

Bagaimana? Mudahkan menjaga dan merawat buku? 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian para penikmat buku. Seperti kata Mohammad Hatta, “Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas." Maka dari itu, Jangan lupakan buku karena masanya tidak akan berakhir. [AR/303]

0 komentar: