Searching...
Jumat, 26 Maret 2021

 


Salah satu thumbnail konten youtube di kanal Opini.id (Sumber: Youtube)

METANOIAC.id Beragam aktivitas kita lakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, baik yang terencana maupun kegiatan tidak terduga terjadi di hidup kita dalam waktu 24 jam. Dalam sehari ada sebuah waktu yang dikenal dengan sebutan waktu luang. Namun, seringkali waktu luang hanya berlalu tanpa terasa, bahkan kita bingung hendak melakukan hal apa. Untuk mengatasinya, berikut kami rekomendasikan beberapa kanal youtube yang dapat menjadi temanmu mengisi waktu luang. Selain menambah manfaat, kanal berikut membantu kamu berpikir lebih kritis dan menjadi pendengar dari berbagai perspektif dan sudut pandang terhadap suatu isu atau masalah yang terjadi di sekitar.

1. Opini.id

Dikutip dari deskripsi kanalnya, opini.id menceritakan kejadian aktual nasional dengan jujur dan kritis untuk menjadikan audience youtube Indonesia semakin cerdas dan memiliki cara berpikir yang benar. Di kanal ini, kamu akan menyaksikan seseorang yang mengenakan jaket hitam dan topeng badut menceritakan sebuah isu dengan gaya bicara yang menarik, frontal dan juga tidak kalah pentingnya memaparkan fakta. 

Salah satu konten di kanal Opini.id yang mengkritik vaksinasi di Indonesia (Sumber: Youtube)

2.    2. Asumsi

Asumsi merupakan media yang fokus untuk membahas bidang politik dan budaya pop. Media yang berdiri pada tahun 2015 ini memiliki sejumlah konten yang menarik dan sangat informatif di Youtube. Salah satu konten yang mendapat banyak perhatian yaitu “Kerah Biru”. Kerah Biru berisi tentang sudut pandang dari orang-orang yang memiliki pekerjaan yang menarik, berbahaya, atau tidak umum. Tentu saja ini menjadi sebuah tontonan yang layak untuk menjadi asumsi agar kita dapat melihat dan mendengar dunia yang lebih luas.

Beberapa konten yang membahas isu "Kerah Biru" pada kanal Asumsi (Sumber: Youtube) 

3.    3. Remotivi

Remotivi merupakan organisasi non-profit yang menjadi pusat studi media dan komunikasi yang didirikan di Jakarta pada tahun 2010. Media ini berkembang tanpa memungut biaya apapun kepada para pembaca dengan menyajikan bentuk-bentuk informasi yang menarik. Kamu dapat menemukan video yang membahas tentang bagaimana media yang ada di Indonesia dengan animasi yang sederhana dan penjelasan suara yang jelas. 

Salah satu konten pada kanal Remotiv (Sumber: Youtube)

Di kanal ini kamu akan mendapat penjelasan bagaimana peran media dalam mengangkat suatu hal. Apakah media sudah melakukan yang sepantasnya atau justru malah menimbulkan kesalahpahaman. [ASR/290]

0 komentar: