Searching...
Selasa, 02 Maret 2021



Pembukaan. Pembukaan Electro Invention Race (EIR) 2021 Minggu (28/2). [YMB/313]

METANOIAC.id Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (HME PNUP) melaksanakan kegiatan Electro Invention Race 2021 (EIR 2021) pada Sabtu – Minggu, (26-27/2). EIR 2021 adalah salah satu program kerja pengurus harian HME PNUP yang diselenggarakan dalam bantuk kegiatan perlombaan siswa SMA/SMK dan seminar nasional. Kegiatan ini mengusung tema Education & Millennial Competition for the Implementation of Skills, Creativity and Knowledge in Technology Developmentyang dilaksanakan di Aula lantai III gedung administrasi PNUP dan disiarkan secara daring.

Kegiatan EIR tahun ini sangat berbeda dibandingkan dengan kegiatan EIR pada tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini dilaksanakan secara nasional dan dilakukan secara daring, sehingga para peserta lomba melakukan kompetisi dan kegiatan seminar di masing-masing tempat mereka dan tidak perlu datang ke PNUP. Di tahun-tahun sebelumnya, ruang lingkup kegiatan EIR hanya sebatas regional Sulawesi Selatan dan dilaksanakan secara onsite, sehingga para peserta lomba harus datang ke PNUP untuk mengikuti kegiatan perlombaan beserta mengikuti seminarnya.

Daring. Kegiatan lomba Electro Invention Race (EIR) 2021 dilaksanakan secara daring Sabtu (27/2). [YMB/313]

Jenis lomba yang dikompetisikan pada EIR 2021 sangat berkaitan dengan implementasi ilmu jurusan teknik elektro, seperti lomba administrasi jaringan, desain web, desain grafis, merakit robot, electrical installation, cerdas cermat IPTEK, essay, speech, podcast, dan video monolog. Muhammad Fadris selaku ketua team work EIR 2021 mengungkapkan alasan mereka memilih jenis lomba yang dikompetisikan. “Karena kita sebagai kampus teknik yang bersifat vokasi dan menciptakan seorang engineer yang siap bekerja,” jelasnya.

Peserta. Peserta lomba web desain pada kegiatan Electro Invention Race (EIR) 2021 Sabtu (27/2). [YMB/313]

Rizal Ashari, selaku penanggung jawab lomba administrasi jaringan menyampaikan pandangannya terkait antusias peserta pada kegiatan Electro Invention Race tahun ini, “Menurut saya, antusias siswa dari luar sulawesi selatan terbilang lebih tinggi, hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta khususnya pada lomba administrasi jaringan, pendaftar dari sulawesi selatan hanya berjumlah tujuh orang, sedangkan dari luar sulawesi selatan berjumlah sembilan orang,” ungkapnya.

Pada saat perlombaan berlangsung pada Sabtu, (27/2), listrik di kampus mengalami pemadaman pada sekitar pukul 13:45 WITA sehingga menghambat berjalannya perlombaan yang mengakibatkan panitia menggunakan jaringan internet pribadi agar perlombaan dapat tetap berjalan. Pada sekitar pukul 14:32 WITA, akhirnya listrik kembali menyala dan kegiatan perlombaan dapat kembali berjalan dengan baik hingga pukul 17:30 WITA.

Adapun para juara lomba Electro Invention Race 2021 adalah sebagai berikut :

1) Administrasi Jaringan :

Juara I   : 

Ahmad Rouf (SMKN 1 Tangerang)

Juara II  : 

Muhammad Fahrazi (SMKN 22 Jakarta)

Juara II  : 

Jahns Lewi (SMK Pancakarya Tangerang)

2) Lomba Desain Web

Juara I   :

Muh. Sultan Alhakim (SMKN 2 Bekasi)

Juara II  : 

Ahmad Fachri (SMK Telkom Makassar)

Juara II  : 

Muh. Rafli Hamdani (SMKN 1 Pangkep)

3) Lomba Desain Grafis

Juara I   : 

A. Muh. Fikri Arif (MAN 1 Makassar)

Juara II  : 

Muh. Daffa Putra M. (SMK Telkom Makassar)

Juara III : 

Muhammad Rizky Libradi (SMK Telkom Sidoarjo)

4) Lomba Merakit Robot

Juara I   : 

Rini & Astriandira (SMKN 2 Makassar)

Juara II  : 

Achmad Fauzan & Agung Sutomo (SMKN 2 Makassar)

Juara III : 

Abdul Khaliq Fadjuani & Muh. Syarif Hidayatullah (SMKN 10 Makassar)

5) Lomba Electrical Installation

Juara I   : 

Muh. Tasyrif (SMKN 2 Pare-pare)

Juara II  : 

Erlangga Yogi S. (SMKN 5 Makassar)

Juara III : 

Ibrahim (SMKN 1 Pinrang)

6) Lomba Cerdas Cermat IPTEK

Juara I   : 

Khairunnisa Putri Imran & Syifa Fatimah Azzahrah (SMK Telkom Makassar)

Juara II  : 

Syadza Afra Salsabila & Faathir Rezki (SMAN 1 Maros)

Juara III : 

Ridho Rahmatullah & Stevenson Chrisman Pratama (SMAN 1 Maros)

7) Lomba Essay

Jaura I   : 

Hafitri (SMAN 1 Pinrang)

Juara II  : 

Anugrah Magfirah Putri (Man Insan Cendekia Gowa)

Juara III : 

Bq. Nabila (MAN 1 Lombok Timur)

8) Lomba Speech

Juara I   : 

Vier Leonard Gilles Rissing (SMK Telkom Makassar)

Juara II  : 

Ferina Lutfiah (SMK Telkom Makassar)

Juara III : 

Syahra Elfi (SMAN 1 Pangkep)

9) Lomba Podcast

Juara I   : 

Muhammad Naufal S. Budi & Andi Fiametta Arella Warani (MAN Insan Cendekia Gowa)

Juara II  : 

Muh. Adrian Arif & Muh. Haikal Mursadik (SMAN 2 Gowa)

Juara III : 

Tenri Raihan & Daniandra Prayudisty Ilham (SMK Telkom Makassar)

10) Lomba Video Monolog

Juara I   : 

Muhammad Naufal Afrian (SMKN 1 Anjatan)

Juara II  : 

Likha Dwi Amalia (SMK Telkom Makassar)

Juara III : 

Fajrial Haqam (SMKN 2 Pinrang)

Nama-nama juara perlombaan Invention Race 2021 diumumkan setelah kegiatan webinar pada Minggu, (28/2).

Adapun tema yang diangkat untuk webinar tahun ini adalah “The Role Of Millenial Generation Development Of Artificial Intelligence Technology” dengan pemateri yakni Lidemar Halide, S.T., M.T.  selaku dosen Teknik Elektro dan Pulung Hendro Prasetyo, S.ST. selaku awardee LPDP UGM.

Webinar. Kegiatan webinar Electro Invention Race (EIR) 2021 Minggu (28/2). [ART/333]

“Seperti yang kita ketahui, intelijen teknologi sudah berkembang di seluruh dunia, sehingga kami ingin memperkenalkan dan menyebarkan informasi mengenai apa saja peranan yang bisa dilakukan kaum milenial terkait kecerdasan buatan ini. Selain itu, kami juga ingin menyampaikan, apa saja dampak positif maupun negatif dengan berkembangnya kecerdasan buatan tersebut,” jelas Adnan Novikar selaku penanggung jawab acara mengenai tujuan dari diangkatnya tema webinar tersebut.

“Untuk tahun-tahun sebelumnya, EIR memang selalu dirangkaikan dengan  webinar, sebagai salah satu benefit bagi peserta EIR. Meskipun peserta EIR tidak diwajibkan mengikuti webinar, namun antusias peserta EIR dalam webinar terbilang besar, hal ini dapat dilihat pada saat sebelum webinar dimulai, terlihat peserta telah bersiap-siap untuk mengikuti webinar tersebut. Antusias peserta juga terlihat ketika sesi tanya jawab dibuka, tidak sedikit peserta yang ingin mengajukan pertanyaan kepada pemateri,” tambahnya.

Fadris berharap agar setelah perlombaan EIR 2021, para peserta dapat lebih kompetitif dalam mengimplementasikan ilmu teknik elektro. “Pesan saya semoga yang menjadi pelaksana kegiatan EIectro Invention Race kedepannya lebih baik dari tahun ini dan dapat mencakup skala yang lebih besar, agar peserta lomba dapat lebih banyak lagi,” tuturnya. [YMB/313][ART/333]

0 komentar: