Searching...
Jumat, 19 Februari 2021

 

Sumber: humasindonesia.id

METANOIAC.id Perkembangan dunia industri digital mengalami peningkatan yang cukup pesat setiap tahunnya. Banyak sekali pekerjaan baru yang muncul dari penggunaan media digital dari sisi pembuatan konten, baik dari media berupa teks maupun video. Pada kesempatan kali ini selaku Crew Metanoiac ingin berbagi informasi dan ilmu kepada Metareaders. Adapun topik dari pembahasan ini. Crew Metanoiac akan memaparkan bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan konten. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.     Buat Storyboard Terlebih Dahulu
Storyboard adalah sebuah outline visual untuk video Anda. Untuk lebih gampangnya, storyboard seringkali disebut sebagai rancangan video. Dengan membuat rancangan video terlebih dahulu maka video akan lebih memiliki tujuan. Dan tentu saja hasilnya juga lebih maksimal. Ini bisa terdiri dari gambar-gambar yang akan menggambarkan seperti apa konten video yang Anda inginkan nantinya. Di sini Anda juga bisa menambahkan poin-poin penting yang ingin disampaikan dalam video.

2.    Mengevaluasi Jenis Konten yang Dibutuhkan
Melakukan evaluasi terhadap jenis konten sangat penting. Orang akan berharap banyak dengan video yang Anda buat. Salah satu tujuan penting dari melakukan evaluasi terhadap konten video adalah agar jenis konten dan siapa targetnya sangat sesuai dengan bisnis yang sedang jalankan. Ini juga agar nantinya konten video yang Anda buat lebih tepat sasaran sehingga promosinya juga lebih mudah.

3.     Menentukan Tempat yang Akan Dipakai
Jika belum memiliki studio sendiri, Anda bisa memilih tempat yang cocok sesuai dengan storyboard yang sudah Anda buat. Selain itu siapkan alat-alat yang akan dipakai untuk melakukan proses pengambilan video seperti, lampu, tripod, mikrofon dan masih banyak keperluan lainnya. Untuk mengantisipasi banyaknya pengeluaran, Anda bisa melakukan dekor ulang pada rumah pribadi atau meja kerja. Yang paling utama dari video adalah visual. Dari sini Anda bisa menentukan tempat mana yang paling pas dan menarik secara visual.

4.    Lakukan Perekaman Video
Di sini Anda bisa melakukan perekaman terbaik yang harus Anda lakukan. Anda boleh melakukan perekaman lebih dari satu sehingga nantinya akan memudahkan mana yang kira-kira paling bagus. Setelah itu lakukan pengeditan. Anda tidak perlu khawatir harus mengedit dengan aplikasi yang tidak Anda kuasai karena tersedia banyak aplikasi gratis khusus untuk mengedit video. Anda tinggal menambahkan after effect pada video marketing yang Anda pilih.

5.    Jangan Lupa Untuk Menerapkan SEO Video
Menerapkan SEO video sangat penting agar strategi marketing yang Anda lakukan hasilnya lebih maksimal. Dengan memakai SEO video, maka Anda harus membuat nama file video sebelum diunggah. Di sini Anda bisa memainkan kata kunci sesuai yang cocok untuk produk Anda. Keywords  yang tepat dan sesuai dengan produk akan memudahkan orang lain dalam menemukan produk Anda.
Tak hanya memberi nama pada judul, Anda juga harus menentukan judul video.  Untuk mendapatkan peringkat yang bagus pada mesin pencarian, maka Anda harus memberikan judul yang sesuai dengan isi video Anda. Agar semakin maksimal, SEO video juga harus memiliki closed caption. Ini bisa berupa deskripsi singkat seputar video Anda. Closed caption juga akan membantu orang-orang yang mencari konten video yang Anda buat.

6.    Buat Video Dengan Durasi Singkat
Bukan  video panjang lebar yang akan menarik perhatian. Tapi di sini Anda cukup membuat video singkat berdurasi pendek karena dinilai lebih efektif. Secara umum, membuat video pendek dengan konten yang tepat sasaran justru akan lebih menarik jika dibandingkan panjang lebar namun tanpa tujuan yang jelas. Teknik dalam membuat konten marketing video  adalah kreatif, inovatif, hemat dan mampu merencanakan perencanaan yang matang.

7. Tingkatkan Content Strategy Berdasarkan Feedback Dari Target Audience
Strategi konten meliputi pemilihan topik, format konten, gaya penulisan, desain dan promosi untuk meningkatkan bisnis Anda. Dalam membuat video marketing harus menerapkan yang namanya konten strategi. Ini bisa Anda ambil dari feedback dari target audience yang sudah Anda pilih. Memanfaatkan feedback dari target audience akan memudahkan Anda dalam meningkatkan strategy content yang penting demi kemajuan bisnis.

Video marketing akan sangat membantu dalam strategi marketing. Apalagi di tahun 2021 ini semua penggerak bisnis online akan berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas bisnis online yang sedang dijalankan.

Referensi:  
                    

[KIO/327]

0 komentar: