Searching...
Selasa, 23 Februari 2021

Sumber : Pinterest

METANOIAC.id Pernahkah anda merasa kaget atau tiba-tiba tersentak saat tidur? Atau merasa mimpi seperti jatuh dari jurang? Ternyata setelah terbangun dan menengok kanan-kiri, anda akan tersadar bahwa itu hanyalah mimpi dan anda tidak benar-benar jatuh dari tempat tidur. 

Nah, kondisi ini disebabkan oleh hypnic jerk atau myoclonus. Dilansir dari laman alodokter, hypnic jerk adalah suatu kondisi di mana tubuh secara tiba-tiba mengalami kontraksi kuat dalam waktu singkat saat tertidur. Hypnic jerk ini sering dideskripsikan sebagai sensasi ketika kita kaget atau dikejutkan oleh sesuatu dan terkadang disertai oleh sensasi jatuh dari ketinggian. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada penyebab jelas mengapa hypnic jerk ini bisa terjadi  karena tidak ada penjelasan yang mendasarinya. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang diduga menjadi penyebab hypnic jerk, yaitu melakukan pekerjaan berat, kurang tidur, mengonsumsi zat stimulan seperti kafein dan nikotin, serta berolahraga saat malam hari.

Muncul pertanyaan, apakah hypnic jerk ini berbahaya terhadap kesehatan manusia secara fisik maupun psikologis? Jawabannya tentulah tidak. Hypnic jerk bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti karena semua orang pasti pernah mengalaminya secara sadar ataupun tidak sadar. Hanya saja, hypnic jerk dapat membuat tidur anda menjadi tidak berkualitas. Terutama bagi penderita insomnia, hypnic jerk adalah mimpi buruk karena dapat membuat mereka terbangun dan sulit tertidur.

Karena hypnic jerk ini bukanlah suatu gangguan kesehatan yang serius, maka tidak diperlukan penanganan yang khusus untuk menangani masalah seperti ini. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya hypnic jerk adalah dengan mengurangi konsumsi kafein, berolahraga di pagi hari, latihan pernapasan, serta mengurangi aktivitas sebelum tidur seperti penggunaan gadget yang berlebihan. Untuk tetap menjaga kesehatan, kita harus memastikan diri kita  mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. 

Referensi : https://www.alodokter.com/hypnic-jerk-bisa-mengganggu-tidur-malam-anda#:~:text=Hypnic%20jerk%20atau%20myoclonus%20adalah,sedang%20jatuh%20ke%20dalam%20tidur.

[ARF/322]

0 komentar: