Searching...
Senin, 01 Februari 2021

Transfusi. Proses transfusi darah dari pendonor, Sabtu (30/1). [RCH/315]

METANOIAC.id Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (UKM KSR PMI) Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan kegiatan donor darah di kantor PMI Makassar, Jalan Kandea, sejak Jumat (29/1) hingga Minggu (31/1).

Donor darah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini adalah inisiatif dari UKM KSR PMI Unit 121 PNUP yang dilatarbelakangi oleh kurangnya persediaan kantong darah di Unit Gawat Darurat (UGD) Pemerintahan Kota Makassar (Pemkot) dan banyaknya masyarakat yang membutuhkan darah.
 
Muhammad Akbar M. selaku Komandan UKM KSR PMI UNIT 121 PNUP, saat diwawancarai oleh crew Metanoiac mengungkapkan alasannya melaksanakan kegiatan pada saat pandemi. “Sekarang banyak orang yang ragu untuk melakukan donor darah, mereka takut terjangkit atau terkena virus Covid-19. Jadi, stok darah terutama di UGD pemkot di kota Makassar itu menipis," jelasnya. Dia juga menambahkan bahwa jumlah kantong darah yang ditargetkan setiap harinya adalah 150 kantong selama tiga hari.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung di kantor PMI kota Makassar, bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) karena adanya larangan berkegiatan di kampus di tengah pandemi. Zulfiqhi Japil selaku koordinator kegiatan tersebut menjelaskan pada crew Metanoiac saat diwawancarai. “Sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh pihak kampus, kita tidak boleh melakukan kegiatan di lingkungan kampus karena belakangan ini pandemi semakin memanas. Kami sudah bekerja sama dengan UDD dan sudah difasilitasi dengan baik di sana. Makanya kami melakukan ini di UDD dan bekerja sama dengan dokter-dokter yang ada di sana untuk melakukan kegiatan ini selama tiga hari," ungkapnya. 

Zulfiqhi mengungkapkan bahwa prosedur donor darah di tengah pandemi saat ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku. “Pertama, ditanya apakah pernah berhubungan langsung dengan pasien Covid-19, kontak langsung dengan pasien covid, dan ada diperiksa terlebih dahulu," pungkasnya. 
Registrasi. Pengisian formulir dan registrasi bagi calon pendonor, Sabtu (30/1). [RCH/315]

Dia menjelaskan feedback kegiatan tersebut bagi UKM KSR PMI UNIT 121 PNUP. “Feedback-nya yaitu rasa bangga dan rasa syukur karena sudah membantu kurangnya stok darah yang ada di kota Makassar dan  juga kebutuhan darah yang ada baru-baru ini di Sulawesi Barat. Kami sungguh bangga karena sudah membantu pihak PMI. Kami merasa senang," ungkapnya. [PAT/321 RCH/315]

0 komentar: