Thursday, December 12, 2019

1:46 PM


Juara. Perwakilan mahasiswa PNUP raih juara II dalam Peternakan Fest 2019 UINAM, Kamis (5/12). [Ist]

METANOIAC.id Perwakilan mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil meraih juara II dalam cabang lomba debat ilmiah dalam kompetisi Peternakan Fest 2019 se-Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar (UINAM), Rabu-Kamis (4-5/12).

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Potensi Peternakan terhadap Perekonomian Sulawesi", yang diikuti 12 tim dari berbagai daerah dan perguruan tinggi. Selain lomba debat ilmiah, HMJ Ilmu Peternakan UINAM juga menyelenggarakan aksi gizi, expo kuliner, kontes ayam hias, dan seminar nasional. Kegiatan tesebut diselenggarakan pertama kali dan akan menjadi agenda tahunan bagi HMJ Ilmu Peternakan UINAM.

Tiga mahasiswa yang menjadi perwakilan PNUP di Peternakan Fest 2019 berasal dari jurusan berbeda yaitu Asbar Bin Habbas dari jurusan Administrasi Niaga, Sukardi dari Teknik Sipil, dan A. Muh. Rifky Nugraha dari Teknik Elektro.

Walaupun lomba yang diikuti tidak sesuai dengan bidang ilmu yang mereka tekuni di PNUP namun, mereka tetap mampu mengharumkan nama PNUP. Persiapan mereka pun hanya satu pekan saja, mulai dari tahap pendaftaran hingga latihan untuk lomba. 

Asbar sebagai salah satu perserta menyampaikan harapannya agar kegiatan berikut, PNUP bisa ikut berpartisipasi kembali. "Kegiatan ini juga dapat memotivasi teman-teman yg lain agar bisa mengikuti kegiatan serupa atau pun lainnya diiringi dukungan dari kampus", tuturnya. 

Asbar menambahkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan teknik public speaking-nya ke arah yang lebih baik, dalam artian menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Mengingat masih banyak di antara mahasiswa yang masih membawa aksen asal daerahnya sedangkan dalam lomba debat seperti ini, penggunaan bahasa Indonesia menjadi penilaian khusus. [TEN/288]

0 komentar: