Tuesday, November 26, 2019

6:36 PM
Pelatihan. Proses pelatihan pembuatan komik oleh peserta workshop Jurnalistik Komik, Jumat (22/11). [Ist]


METANOIAC.id Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Estetika Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM), telah melaksanakan salah satu program kerjanya yakni Pekan Jurnalistik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya melaksanakan Milad dan pameran foto kecil-kecilan. Pada periode ini, untuk pertama kalinya panitia menyelenggarakan Workshop Jurnalistik bertempat di Café Seventy Eight, kota Makassar.

Melihat dari masyarakat yang cenderung bosan jika hanya membaca tulisan dan lebih tertarik dengan visualisasi gambar. Maka, diadakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada lembaga pers di Makassar, bahwa Jurnalistik Komik merupakan salah satu metode baru dalam penyebaran sebuah berita.

Kegiatan yang resmi dibuka pada Jumat, (22/11) dan dilanjutkan dengan Workshop Jurnalistik Komik ini, telah menargetkan pesertanya sebanyak 30 orang untuk keseluruhan LPM di Kota Makassar. Selain itu, akan dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan pada 27 November 2019 yakni Pameran Fotografi dan 28-30 November 2019 dilaksanakan Diklat Jurnalistik yang dikhususkan kepada siswa-siswi SMA/MA/SMK Se-Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Saat ditemui oleh Crew Metanoaic, Naufal Fajrin selaku Ketua Panitia Pekan Jurnalistik cukup menyesal akibat keterlambatan kegiatan ini, pasalnya telah diatur oleh panitia bahwa tepat pukul 09.00 WITA kegiatan akan dimulai. Hal ini terjadi karena lambatnya kedatangan dari tiap peserta Workshop.

Naufal menambahkan bahwa pemindahan tempat juga menjadi salah satu faktor terlambatnya kegiatan dimulai. “Awalnya, konsep dari kegiatan ini dilaksanakan di kampus. Tetapi karena situasi kampus yang tidak kondusif, maka mendekati hari pelaksanaan kita kembali mengulang konsep yang sudah ada. Jadi, disinilah kita temukan sebagai tempat kegiatan berlangsung," ucapnya.

Demi terjalinnya silaturahim dan lebih mengakrabkan lembaga Pers Mahasiswa Kota Makassar menjadi harapan dari panitia. Selain itu, pengaplikasian ilmu Jurnalistik Komik dapat dipublikasikan pada media komik menjadi suatu berita serta menjadi acuan keberhasilan LPM Estetika dalam melaksanakan kegiatan Workshop Jurnalistik Komik ini. [AR/303/RIL/306]

0 komentar: