Tuesday, November 19, 2019

2:17 PM
SAMBUTAN. Ketua Panitia Machine Day memberikan sambutan di pembukaan Seminar Nasional, Sabtu (16/11). [NNA/311]

Himpunan Mahasiswa Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (HMM-PNUP) kembali mengadakan acara Machine Day 2019 yang diselenggarakan di Kampus I PNUP, Sabtu (16/11). Kegiatan ini mengangkat tema “Penerapan Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Bangsa”.

Tujuan diadakannya Machine Day sebagai eksistensi HMM agar semakin dikenal oleh kalangan luar. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pengabdian masyarakat. "Hal tersebut adalah salah satu bentuk tujuan kita sebagai mahasiswa melakukan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat serta mempererat hubungan antara pihak luar", jelas Primanuel Mahmud selaku Ketua Panitia.


Primanuel juga menambahkan bahwa Machine Day kali ini berbeda dengan periode yang lalu, "Bedanya itu kalau untuk periode ini Machine Day digabungkan dengan peringatan hari jadi HMM yang ke–32, dimana kegiatan ini dirangkaikan jadi satu acara”, ucapnya. 


Ditemui usai kegiatan Seminar Nasional Energi dan Teknologi, Primanuel berharap agar peserta seminar yang hadir dapat mererapkan ilmu yang telah di dapatkan dalam kegiatan ini baik secara teori maupun teknis.

Machine Day dirangkaikan dengan tiga acara sekaligus yakni Seminar Nasional Energi dan Teknologi, Tune Up, dan Malam Apresiasi Seni.


Kegiatan ini resmi dibuka oleh Lidemar Halide selaku Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, dalam sambutannya ia berpesan agar seminar kali ini dimanfaatkan sebaik–baiknya oleh para mahasiswa.


"Tolong disimak baik-baik materi pada hari ini, kemudian kalian improvisasi dan kembangkan kreativitas kalian," ucapnya.

Narasumber yang tampil sebagai pemateri pada Seminar Nasional Energi dan Teknologi dari rangkaian acara Machine Day 2019 adalah Kepala Cabang Dinas ESDM Provinsi Sulsel Wil III, Dosen Teknik Mesin PNUP, dan Pemateri Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.


Peserta juga dapat memanfaatkan acara tune up sebagai salah satu bentuk implementasi penerapan inovasi teknologi melalui peralatan kendaraan (motor) sebagai wujud nyata pengabdian HMM-PNUP kepada masyarakat. Menggandeng salah satu branding ternama produsen otomotif yakni Honda. Tune up dalam acara Machine Day 2019 akan memberikan sejumlah service seperti injeksi, karburator, pemeriksaan mesin dan ganti oli dengan harga yang standar.


Kegiatan Machine Day 2019 ditutup dengan malam apresisasi seni, disuguhkan dengan berbagai penampilan seperti, musikalisasi puisi, band, dan tarian. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Ketua jurusan Teknik Mesin.
 [NNA/311 DIN/282]


0 komentar: