Sunday, October 27, 2019

7:08 PM

Berbaris.
Peserta Poltek Cup 2019 berbaris pada saat pembukaan. [FA/277]
METANOIAC.id Politeknik (Poltek) Cup 2019 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) resmi dibuka pada tanggal 25 Oktober 2019, berlokasi di lapangan Tennis Indor Gubernur Sulawesi Selatan (Sul-Sel).

Pada pantauan Crew Metanoiac, acara yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka langsung oleh Muhammad Firda, selaku Asisten Ekonomi Pembagunan dan Kesejahteraan Sulawesi Selatan.

Sambutan. Sambutan sekaligus membuka secara resmi Poltek Cup 2019 oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan. [FA/277]

Semoga dengan adanya ajang  ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dan  melahirkan generasi serta atlet-atlet muda yang kompetitif untuk bersaing di tingkat internasional nantinya," harap Firda.

Pembukaan kejuaraan Taekwondo ke-17 ini diawali dengan sambutan oleh Lukman selaku pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo PNUP. Pada sambutannya Lukman berharap ajang ini menjadi wadah silahturahmi bagi seluruh kontingen dan diharapkan para peserta juga bisa sportif dalam perlombaan.



Pertandingan. Peserta dari kubu merah memberikan tendangan ke peserta kubu biru. [FA/277]

Acara pembukaan begitu meriah yang diawali dengan persembahan tarian khas Sulawesi Selatan dan pembacaan puisi. Pada ajang kali ini, ada 450 atlet Taekwondo dari 10 provinsi di  Indonesia yang turut serta dan terdiri dari 28 kontingen yang salah satunya berasal dari provinsi Ambon dan Sulawesi Tenggara.

“Kalau harapan secara tim, kita datang kesini sebagai bahan evaluasi, bagaimana program latihan  kita selama ini tentunya kita evaluasi dikejuaran. Selain itu, kami berharap kontingen kami ini dapat menyumbangkan hasil terbaik,” harap pelatih kontingen asal Sulawesi Tenggara.


Penonton. Kerumunan penonton yang memadati lokasi Poltek Cup 2019. [FA/277]

Kategori yang dipertandingkan meliputi Kyorugi (tanding) dan Poomsae (Jurus) dengan kelas Junior untuk usia 13 sampai 17 tahun, kelas Senior untuk usia 17 sampai 30 tahun, dan Cadet untuk usia 8 sampai 13 tahun. Hal tersebut terlihat  dengan peserta anak-anak hingga kalangan dewasa hadir mengenakan pakaian khas Taekwondo.

Lidemar Halide selaku Wakil Direktur 3, menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu ajang promosi PNUP di Sulawesi Selatan. ”Dengan adanya ajang ini, dapat memberikan  informasi kepada masyarakat bahwa PNUP memiliki lembaga mahasiswa yang bagus dan memiliki potensi yang tinggi di bidang Taekwondo, selanjutnya kami membuka peluang bagi para peserta lomba khususnya peserta Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki kualifikasi yang baik silahkan mendaftar ke PNUP,” jelas Lidemar.


Sambutan. Sambutan Wakil Direktur 3 dalam acara Poltek Cup 2019. [FA/277]

Harapan saya untuk para peserta tetap sportif, untuk panitia kita bisa sukses  memperkenalkan PNUP dan sukses sebagai penyelenggara di mana semua peserta, wasit, dan panitia dapat saling bersinergi untuk mengadakan perlombaan yang fair dan kompetitif, sehingga kedepannya ajang ini akan lebih dinanti-nanti oleh semua pihak,” harap Lidemar.

Ketua umum UKM Taekwondo saat ditemui setelah prosesi pembukaan mengungkapkan  sedikit harapannya mengenai Poltek Cup 2019. “Dengan adanya turnamen ini, semoga menjadi wadah lahirnya bibit-bibit atlet baru yang unggul untuk Sulawesi Selatan dan Indonesia kedepannya,” harap  Rahmat Nugraha. [CAU/285/TH/298]

0 komentar: