Thursday, August 29, 2019

12:56 PM





Baris berbaris. Pelatih dari Yonif 700/Rider Kodam XIV/Hasanuddin memberi pelatihan baris berbaris kepada mahasiswa baru, Kamis (29/8). [INK/296]

METANOIAC.id Pendidikan bela negara merupakan kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (28-29/8) yang diikuti oleh 1650 mahasiswa. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang pelaksanaannya dilakukan di Rindam Kodam VII Wirabuana Pakatto, tahun ini PNUP mencoba konsep baru dengan melaksanakan pendidikan bela negara di Kampus 2 PNUP. Hal ini disebabkan karena kurangnya dana. 

“Dana pada perencanaan awal tahun lalu itu untuk 1200 orang sedangkan yang ikut tahun ini sebanyak 1650 orang, jadi kami coba metode baru dengan pelaksanaan di Kampus PNUP,” jelas Lidemar Halide selaku Pembantu Direktur III. 




Materi. Pemberiaan materi wawasan kebangsaan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan di Auditorium Kampus 2 PNUP, Rabu (28/8). [TH/298]

Konsep pada pendidikan bela negara tahun ini yaitu pemberiaan materi agar rasa nasionalisme dan cinta tanah air di antara para mahasiswa baru bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, ada juga praktek di lapangan seperti yel-yel, jiwa korsa dan pelatihan baris berbaris (PBB) yang pelatihnya dari Yonif 700/Rider Kodam XIV/Hasanuddin. 

Lidemar Halide berharap setelah pendidikan bela negara mahasiswa baru semakin cinta terhadap NKRI dan terhindar dari narkoba serta praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. 

Makan siang. Suasana makan siang pada pendidikan bela negara di Kampus 2 PNUP, Rabu (28/8). [NHA/283]

Kaharuddin salah satu pelatih dari Yonif 700/Rider Kodam XIV/Hasanuddin juga berkeinginan menanamkan kencintaan terhadap NKRI. “Keinginan kami itu utamanya menanamkan kecintaan terhadap NKRI, tahu dan mengerti bahkan memahami apa itu pancasila, UUD, NKRI, dan bhineka tungga ika,“ harap Kaharuddin.

Meskipun hanya 2 hari, para pelatih dari Yonif 700/Rider Kodam XIV/Hasanuddin berusaha memberikan gambaran seperti jiwa nasionalisme muncul, kemudian kecintaan mahasiswa baru terhadap kampus bahkan terhadap dirinya sendiri terlebih lagi kepada bangsa dan negaranya itu besar.  [NHA/283 TH/298]

Galeri Foto
Makan siang. Suasana makan siang pada pendidikan bela negara di Kampus 2 PNUP, Rabu (28/8). [AR/303]


Bela negara. Pemberiaan arahan oleh pelatih pada pendidikan bela negara di Kampus 2 PNUP, Rabu (28/8).  [IPL/310]
Yel-yel. Mahasiswa baru melakukan yel-yel bersama pelatih pada pendidikan bela negara, Rabu (28/8). [IPL/310]
Baris berbaris. Mahasiswa baru melakukan pelatihan baris berbaris di Kampus 2 PNUP, Kamis (29/8). [INK/296]
Bela negara. Pendidikan bela negara yang berlangsung di Kampus 2 PNUP, Kamis (29/8). [INK/296]

0 komentar: