Sunday, March 24, 2019

6:30 PM

Kegiatan. Bayu Prana saat berada di The Westin Resort Nusa Dua, Bali dalam kegiatan BAIMUN, Maret 2019. [Ist]

METANOIAC.id Bayu Prana Widya Awighna, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengikuti Bali Asia International Model United Nation (BAIMUN). BAIMUN merupakan sebuah simulasi dari konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diselenggarakan oleh International Global Network dan pertama kali diadakan secara Internasional di Indonesia. 

Kegiatan ini berlangsung di The Westin Resort Nusa Dua, Bali selama 4 hari (22-25/3). Banyak persiapan yang Bayu lewati untuk mengikuti kegiatan BAIMUN, seperti pendaftaran, memilih delegasi dari sebuah negara, dan membuat position paper. 

Bayu terpilih mewakili negara Arab Saudi dari Council United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang membahas spesifik mengenai isu-isu turis dan pariwisata dari Arab Saudi dan dunia. Ini merupakan kali pertama Bayu mengikuti Model United Nation (MUN) secara Internasional.

Delegasi. Bayu Prana bersama delegasi lainnya dari berbagai negara saat kegiatan BAIMUN di Nusa Dua, Bali, Maret 2019. [Ist]

Adapun serangkaian kegiatan BAIMUN yang Bayu ikuti, seperti Opening Ceremony, Keynote Speaker Session, International Youth Symposium, Diplomatic Guest Session, Meeting Session 1-5, Awarding Night, dan Closing Ceremony.

Mengikuti kegiatan berskala Internasional, Bayu mendapat banyak dukungan dari orang tua bahkan Pembantu Direktur 3 PNUP, Lidemar Halide. Mahasiswa yang juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa ini, mempunyai harapan setelah mengikuti kegiatan BAIMUN. 

“Saya berharap setelah mengikuti kegiatan BAIMUN ini, bisa lebih menguasai public speaking dan critical thinking. Juga secara tidak langsung menambah wawasan mengenai isu-isu yang terjadi diberbagai negara,” harapnya.  [IHA/276]

0 comments: