Sabtu, 16 Februari 2019


Pemberian Materi. Pemberian materi oleh Abdul Wahid Nara (Ketua Ikatan Guru Indonesia Sulawesi Selatan) di Gedung PKK Kabupaten Pinrang, Selasa (12/2). [Ist]

METANOIAC.id Kerukunan Mahasiswa Pinrang (KMP) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan seminar pendidikan di Gedung Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pinrang, Selasa (12/2).  Agenda tersebut merupakan rangkaian sosialisasi kampus PNUP oleh KMP PNUP.

Seminar yang bertajuk ”Penguatan Pendidikan dalam Membangun Daerah” ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi SMA/SMK/MA se-derajat khusus tingkat akhir  tentang pentingnya pendidikan.

Seminar yang mulai diadakan tahun lalu  tersebut memiliki perbedaan dengan tahun ini. Seminar pertama diadakan di satu sekolah saja, sedangkan tahun ini seminar telah menyentuh ranah Kabupaten.

”Baru kali ini menyentuh rana Kabupaten, Insya Allah seterusnya kami akan jadikan agenda tahunan,” tutur Steering Committee acara, Risma Melati.

Mencairkan Suasana. Suasana Gedung PKK saat pemateri memberikan games untuk mencairkan suasana, Selasa (12/02). [Ist]


Abdul Wahid Nara, sebagai pemateri dan Ketua Ikatan Guru Indonesia Sulawesi Selatan memaparkan makna pendidikan. Menurutnya, pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan potensi diri.

”Makna pendidikan sebenarnya yaitu usaha manusia untuk menumbuhkembangkan potensi baik jasmani maupun rohani," jelas Abdul Wahid Nara.

"Selanjutnya membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. Karena hakikatnya pendidikan merupakan usaha manusia untuk melestarikan hidupnya,” lanjutnya.

Sedangkan salah satu peserta, Muh. Rahmatullah Fajar Ramadhan, mengapresiasi tema seminar yang menurutnya bermanfaat dan memotivasi.

"Yang bisa saya petik dari seminar itu adalah bagaimana saya bisa menjadi generasi muda yang dapat berguna bagi semua orang di masa yang akan datang melalui pendidikan,” ucapnya.

Tahun ini seminar diikuti oleh 156 peserta yang berasal dari 13 sekolah berbeda di Kabupaten Pinrang.
[NHA/283]

0 komentar: