Thursday, February 14, 2019

8:28 PM

Dialog. Dialog Interaktif bersama PD III, Staf Ahli kemasiswaan, dan Lembaga internal kampus di Ruang Rapat PNUP, Kamis (14/02/2019). [MF/278]

METANOIAC.id Dalam rangka persiapan rencana rekrutmen anggota ormawa, Pembantu Direktur (PD) III Politeknik Negeri Ujung Pandang  (PNUP), Lidemar Halide mengundang Lembaga Internal kampus untuk bersosialisasi. Forum diskusi berlangsung di 2 tempat yaitu Gedung Aula lantai 3 dan Ruang Rapat, Kamis (14/02).

Tahun ini ada beberapa hal yang berbeda dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sebelumnya, yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) akan dihadapkan dengan Pembina, Ketua Jurusan, dan Staf Ahli Kemahasiswaan untuk memaparkan program kerja sebelum melaksanakan kegiatan LDK pada mahasiswa angkatan 2018.

Hal yang tidak biasa juga salah satunya dari LDK tahun ini yakni lebih terukurnya pencapaian hasil. Seperti kedisiplinan, attitude, dan membangun kepercayaan diri.

Kepercayaan terhadap masing-masing Lembaga Internal kampus diberikan sepenuhnya oleh PD III untuk melakukan kreativitas masing-masing. "Memberikan kepercayaan sepenuhnya ini dikarnakan organisasi itu penting, bukan nomor 2. Sebab untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil, good person, itu melalui organisasi. Sehingga kepercayaan itu diberikan sepenuhnya dengan maksud menghidupkan kembali pesona Lembaga Internal kampus," ujar Lidemar.

Lidermar berpendapat bahwa selama ini pengaderan dipandang sebelah mata oleh mahasiswa yang ingin berkecimpung dalam organisasi, dan tingkat jurusan. Ikut tidaknya mahasiswa dalam LDK dianggap tidak adanya hasil yang didapat oleh mereka selaku peserta, dan tidak adanya sanksi bagi yang tidak mengikuti pengaderan. Salah satu faktornya ialah adanya unsur-unsur yang tidak disenangi, tidak sesuainya dengan harapan yang diinginkan. Sehingga ia mendukung dan menegaskan bahwa pengaderan untuk tingkat jurusan itu wajib untuk diikut oleh mahasiswa baru.

Pelaksanaan kegiatan LDK bagi mahasiswa angkatan 2018 ini nantinya dapat berjalan dengan baik. “Mahasiswa angkatan 2018, saya berharap mereka merasa butuh untuk ke lembaga. Mereka punya masalah diperkuliahan, mereka mempunyai jalan keluar untuk menyelesaikannya karena berlembaga. Mereka butuh pengembangan diri, semua ada di lembaga. Mudah-mudahan di lembaga kita ini bisa berjalan seperti itu,” harap Lidemar saat di wawancarai kru Metanoiac.

Lidemar menambahkan bahwa LDK tiap tahunnya akan di evaluasi perkembangnnya. Apa yang dilakukan tahun ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk tahun kedepannya. [MF/278]

0 komentar: