Selasa, 12 Februari 2019



Pemenang Lomba. Foto bersama pemenang lomba team competition, minggu (10/02/2019). [MF/278]

METANOIAC.id Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan Lomba Akuntansi XXII dan Seminar 2019. Lomba akuntansi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh HMA-PNUP. Lomba akuntansi kali ini mengangkat tema "prove your competence to become the future accountant".

Lomba Akuntansi XXII dan Seminar 2019 diselenggarakan selama tiga hari, jumat sampai minggu (08-10/02). Hari pertama dimulai dengan technical meeting, hari kedua individual competition SMA/SMK/MA sederajat, hari terakhir adalah perlombaan team competition, dan penutupan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi untuk siswa dan siswi dari SMA/SMK/MA sederajat serta untuk memperkenalkan Jurusan Akuntansi yang ada di PNUP.

“Tujuan diadakan lomba akuntansi ini selain untuk memberikan nilai tambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akuntansi, kegiatan ini juga sebagai wadah bagi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menambah kreatifitas dan produktifitasnya. Selain itu, ajang kompetisi ini juga untuk memperkenalkan PNUP terkhusus pula pada Jurusan Akuntansi,” ujar Andi Devy Aisyah Ansar selaku sekretaris panitia Lomba Akuntansi XXII dan Seminar 2019.

Devy menambahkan konsep lomba tahun ini dan harapannya untuk lomba akuntansi selanjutnya. Pada tahun ini ada beberapa hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, seperti konsep lomba team competition yang jenis soalnya dibuat semakin unik dengan menggunakan metode study case. Selain itu, untuk konsep seminar juga mengangkat tema yang sedang tren yaitu terkait dengan profesi akuntan pada era revolusi industri 4.0. Jadi, banyak dari mahasiswa luar PNUP yang tertarik dengan seminar kali ini. 

“Untuk kedepannya, lomba akuntansi ini bisa lebih baik, lebih meriah lagi, dan lebih mantap persiapannya. Kalau kali ini se-Indonesia Timur, nanti tingkat lomba ke depannya dapat berskala Nasional (se-Indonesia),” harap Devy.

Salah satu guru pendamping dari SMKN 1 Makassar, Kurniawati menuturkan apresiasinya untuk lomba akuntansi tahun ini. “Untuk tahun ini semuanya lebih terencana, mulai dari persiapan awal sampai akhir sangat bagus, juga ada beberapa konsep lomba yang berbeda dari tahun kemarin. Mudah-mudahan ikut lomba ini menjadikan banyak pengalaman bagi anak-anak dan dapat membangun percaya diri mereka,” tuturnya.


Juara. Pemenang lomba akuntansi individual competition dari SMA Islam Athirah Bone berfoto dengan Sekretaris Jurusan Akuntansi, Minggu (10/02/2019). [MF/278]


Juara umum lomba akuntansi kali ini dibawa pulang oleh SMA Islam Athirah Bone. Hamzah Haz, peserta dari SMA Islam Athirah Bone mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan cukup matang untuk mengikuti kompetisi-kompetisi seperti ini, karena yang mengikuti lomba berasal dari extrakulikuler akuntansi, bukan dari siswa yang hanya ditunjuk dari kelasnya. 

“Memang kami sudah disiapkan dari kelas sepuluh untuk belajar akuntansi. Jadi, hampir sama dengan siswa SMK. Harapan saya semoga adik kelas saya bisa berjuang semaksimal mungkin, karena menurut saya lomba akuntansi PNUP ini merupakan lomba yang berkelas dengan sistem lomba yang apik, soal-soal yang menarik dan cukup menantang. Karena yang kami lawan bukan siswa SMA saja tapi SMK juga. Lomba akuntansi kali ini juga keren, menantang, dan penuh perjuangan,” ucap Hamzah.

Selain itu, Ilham dari SMK 4 Makassar yang pertama kali mengikuti lomba akuntansi di PNUP mengatakan bahwa ia tidak menyangka bisa masuk ke tahap semi final karena masih pemula. Ia juga menanggapi soal lomba akuntansi di PNUP ada yang susah ada juga yang mudah, tapi semuanya bisa diselesaikan dengan baik. 

Di akhir acara ketua panitia lomba akuntansi XXII dan Seminar 2019, Ardiansyah Tamar mengharapkan dengan diadakannya lomba akuntansi tahun ini, semua yang terlibat dalam kepanitiaan dapat menjalin silaturahmi dan menjadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Ia menegaskan bahwa kesuksesan acara tergantung dari kekompakan yang di bangun bersama. Terkhusus untuk para peserta, ia berharap agar peserta yang berkompetisi dapat menerapkan ilmunya untuk menjadi akuntan masa depan sesuai dengan tema lomba akuntansi kali ini. [BUL/281]


Berikut daftar pemenang Lomba Akuntansi XXII dan Seminar 2019:

Individual Competition:

Tingkat SMA/MA : 
Juara 1  SMA Islam Athirah Bone (Rizky Audina)
Juara 2  SMA Islam Athirah Bone (Wihdatul Aqidah)
Juara 3  SMA Islam Athirah Bone (Nelli Agustina)


Tingkat SMK : 
Juara 1   SMKN 1 Pangkep (Putri Anggita Meiryan)  
Juara 2   SMKN 4 Makassar (Isnaini Soimatur R)
Juara 3   SMKN 1 Makassar (Hastriana Ma’rifat)


Team Competition:

Juara 1                     SMKN 4 Makassar (Aktiva_19)

Juara 2                     SMKN 2 Luwu Timur

Juara 3                     SMKN 1 Pinrang

Juara Harapan        SMKN 4 Makassar (Tim B)

Juara Umum           SMA Islam Athirah Bone

0 komentar: