Monday, January 21, 2019

8:30 PM

 
Mahasiswa Jurusan Akuntansi melakukan kunjungan industri di PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) Senin (21/01/2019). [ist]

METANOIAC.id Senin, 21 Januari 2019 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kunjungan industri ke PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group). Kunjungan industri ini diikuti oleh 75 mahasiswa tingkat 1 Prodi D4 Akuntansi Manajerial Jurusan Akuntansi PNUP.


Kunjungan industri tersebut merupakan program dari Careee Center and Tracer Study (CCTS) PNUP yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia industri yang sebenarnya kepada mahasiswa dan sebagai persiapan sebelum memasuki dunia kerja. Selain 75 mahasiswa yang mengikuti kunjungan industri, 4 dosen pendamping Jurusan Akuntansi juga ikut dalam kegiatan tersebut. Salah satunya adalah Dr. Sirajuddin Omsa, SE., M.Ed. Mgmt.  


“Kunjungan industri ini merupakan implementasi dari salah satu mata kuliah bisnis dan manajemen yang dilaksanakan rutin setiap tahun, dengan memperlihatkan kepada mahasiswa apakah teori yang diajarkan dikelas sama dengan yang ada di industri, serta untuk mengenalkan bisnis yang real kepada mahasiswa dan melihat secara langsung proses produksi di perusahaan,” jelas Sirajuddin sebagai dosen pendamping kunjungan industri.


Sirajuddin juga menambahkan bahwa kunjungan industri bukan jumlah kunjungannya yang penting. Tapi, seberapa banyak informasi yang diperoleh mahasiswa terkait praktek-praktek dalam bisnis yang sebenarnya agar wawasan mahasiswa semakin luas dan komprehensif serta semakin terbuka pikiran mereka bahwa mata kuliah tidak selalu persis sama dengan praktek bisnis di lapangan. Oleh karena itu, selain kunjungan industri perlu pula dilaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau program sejenis. 

Dosen pendamping kunjungan industri, Senin (21/01/2019). [ist]


Salah satu mahasiswa jurusan Akuntansi yang mengikuti kunjungan industri, Nur Ainin Ansar mengungkapkan kesan yang didapatkan saat mengikuti kunjungan industri (21/01). “Dari pemaparan materi sampai tanya jawab sangat menambah pengetahuan mengenai bisnis dan manajemen di perusahaan. Selain itu, yang sangat menyenangkan dapat melihat langsung proses produksi di pabrik. Selain ilmu kita juga mendapatkan makanan dan minuman yang langsung dari produk mayora,” tutur Ainin. 

Ainin melanjutkan harapannya sebagai mahasiswa untuk kegiatan ini adalah dapat direncanakan secara rutin baik itu setiap tahun atau tiap semester, karena banyak manfaat yang kami dapatkan. Selain itu, kita dapat melakukan studi banding terkait dengan perusahaan atau industri yang dikunjungi.


Untuk mahasiswa yang mengikuti kunjungan industri akan mendapatkan poin terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler. [BUL/281]


0 komentar: