Wednesday, December 26, 2018

6:10 PM
26 Desember 2018, Selamat hari relawan PMI. [Sumber: facebook.com/ksrpmiits]


METANOIAC.id Palang Merah Indonesia (PMI) sejak berdirinya di tahun 1945 telah memberikan sumbangsih besar terhadap kehidupan berbangsa di Indonesia melalui bantuan kemanusiaan. Peristiwa bencana alam terbesar yang pernah dialami Indonesia yaitu tsunami Aceh atau dikenal dengan gempa bumi Sumatra-Amandaman pada tahun 2004 memperlihatkan bagaimana peran serta PMI bekerja membantu dan menolong para korban bencana.

Pada tahun 2005, presiden Republik Indonesia menjadikan tanggal 26 Desember menjadi Hari Relawan PMI bertepatan dengan setahun pasca tsunami Aceh terjadi. Penetapan ini bukan saja berkenaan dengan setahun peristiwa tsunami terjadi, hal ini juga berangkat dari Konferensi Internasional Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang diselenggarakan di Seoul, 11 November 2005. Dimana Indonesia dalam hal ini Palang Merah Indonesia menerima penganugerahan Medali Henry Dunant berkat kegigihannya untuk terus membantu dan menjadi relawan terlama yang berada di Aceh pada proses pemulihan kembali daerah tersebut. Penganugerahan inilah yang kemudian menjadikan tanggal 26 Desember sebagai hari Relawan PMI yang sebelumnya telah diusulkan.

Relawan sejatinya memberikan apa yang mereka dapat berikan, membantu sekuat ia bisa. Hal inilah yang memberikan dorongan kepada relawan-relawan PMI saat bekerja pasca tsunami dan terus hadir mendampingi para korban pada saat itu. Dengan menjadi sukarelawan, energi-energi positif dapat tersalurkan. Keep spirit for humanity! [ANS/271]

0 komentar: