Wednesday, December 5, 2018

9:46 PM

Aksi Relawan di Jl Adiyaksa Baru Kecamatan Panakkukang RT03 RW02 Lorong 3, Kelurahan Pandang, Sulawesi Selatan, menyimpan sebuah cerita tentang anak-anak didaerah tersebut.

METANOIAC.id Tanggal 5 Desember diperingati sebagai hari relawan Internasional. Adanya peringatan terhadap hari relawan akan memberikan kesempatan bagi organisasi kerelawanan ataupun relawan individu untuk menunjukkan kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam tujuan mencapai pembangunan milenium.

Dalam rangka menyambut hari relawan Internasional, Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang disingkat UKM PERSMA PNUP mempunyai kumpulan tulisan karya anggota magang. Kumpulan tulisan ini merupakan hasil observasi anggota magang Persma PNUP di sebuah kominitas bernama Sahabat Indonesia Berbagi (SIGI) dan Komunitas Lentera Negeri beberapa bulan yang lalu. Observasi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Karya Wisata Jurnalistik 2018.

Karya Wisata Jurnalistik 2018 merupakan kegiatan anggota magang Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk belajar hal baru di luar kampus. Kegiatan ini hadir untuk mengenal diri dalam masyarakat. Kali ini, anggota magang menelusuri hal-hal dibalik maraknya komunitas pendidikan yang mulai bermunculan di Makassar. Berawal dari isu pendidikan, kegiatan ini kemudian coba melihat apa yang saat ini terjadi dengannya. Melihat bagaimana dinamika gerakan yang dilakukan oleh kumpulan orang yang menyebut diri mereka sebagai relawan.

Kegiatan observasi ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh anggota magang Lembaga Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai tahap awal untuk penerimaan anggota baru. Dalam mengikuti gerakan komunitas pendidikan ini, ada berbagai potensi dan masalah yang ditemui oleh beberapa orang muda yang menyebut diri mereka relawan.

Kami dari tim anggota magang Pers Mahasiswa PNUP diberikan pengarahan dari komunitas SIGi Makassar dan Komunitas Lentera Negeri mengenai bagaimana mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar. Pada fase usia ini, mereka diharapkan dapat mengalami perkembangan yang cukup baik dengan metode tersebut. Melalui program ini pula, pembentukan karakter, akhlak, dan kemampuan motorik serta daya kreatifitas anak-anak turut diharapkan dapat tercipta.

Kami mengajak teman-teman untuk melihat hal-hal kecil dari dunia pendidikan sekarang ini dari berbagai kumpulan karya anggota magang Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang pada link di bawah ini. [BUL/281]

Link Kumpulan Karya Anggota Magang Pers Mahasiswa >> http://bit.ly/2SxlUum

0 comments: