Thursday, December 20, 2018

9:30 PM
Sumber: Paduanbelajar.com
METANOIAC.idKamis (20/12), bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Penetapan tanggal ini berhubungan dengan penetapan hari bela negara (19 Desember). Tanggal ini diambil karena pada saat itu bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan kedaulatan negara. Sehari setelah kolonial Belanda menyerbu dan menduduki Yogyakarta maka tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial dijadikan sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. 

Kesetiakawanan sosial adalah nilai, sikap dan perilaku sosial yang mengatur hubungan sosial antara warga satu dengan lainnya dengan menumbuhkan sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh altruistik, kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat dan harga diri setiap warga negara Indonesia.

Dalam konteks sekarang, HKSN dilakukan untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat, sebab hanya dengan persatuan lah masalah-masalah bangsa bisa teratasi.

Adapun beberapa nilai moral yang terkandung dalam kesetiakawanan sosial yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat yaitu sikap mau bekerjasama dengan orang lain walaupun berbeda suku bangsa, ras, warna kulit, serta tidak membeda-bedakan perbedaan itu dalam kerjasama. Serta tolong menolong diantara sesama. Misalnya membantu korban bencana alam atau meringankan beban teman atau saudara yang sedang sakit.

Diharapkan adanya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini dapat membawa semangat untuk selalu mengedepankan sikap bersahabat dengan siapapun dalam kehidupan. Sebab dengan bersatu padu dan mengesampingkan segala perbedaan, maka konflik dapat dihindari dan rasa nyaman akan dirasakan bersama. [NHA/283]

0 comments: