Sunday, November 25, 2018

1:36 PM
Sumber: instagram.com/persmapnup

Hari ini, 25 November 2018 adalah Hari Guru Nasional sekaligus mengenang jasa-jasa para guru yang telah mengajarkan kepada kita tentang ilmu dan budi pekerti.

Selain itu, hari ini bersamaan dengan peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI dibentuk pada 25 November 1945 dengan semangat dan suasana batin perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang turut mengiringi lahirnya PGRI. 

Taukah Anda kenapa tanggal ini begitu spesial bagi guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut?

Dilansir dari kompas.com bahwa sejak sebelum Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, para penggiat pendidikan di Nusantara telah mendirikan perkumpulan dan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. Anggotanya merupakan kalangan dari guru bantu, Guru desa, kepala sekolah, dan juga pemilik sekolah yang bekerja di sekolah yang ada di tanah air.

Kemudian dengan kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri bernama Indonesia, membuat pengurus dan juga anggota dari PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1923. Usai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, pengurus dan juga anggota dari PGI mengadakan kongres guru indonesia yaitu tepat pada 100 hari setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24–25 November 1945. Kongres ini berlangsung di Surakarta dan mengikrarkan para guru untuk mendukung NKRI. 
    
Dalam kongres tersebut ada tiga tujuan yang di hasilkan yaitu:
1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan.
3. Membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Semua hal ini berdampak pada kebijakan pemerintah yang telah memutuskan melalui Kepres No 78 Tahun 1994 yang menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Ini merupakan balas jasa atas pengorbanan para pahlawan tanpa tanda jasa untuk mendukung NKRI. Kemudian hal ini dipertegas lagi pada tahun 2005 tentang guru dan dosen yang juga menetapkan bahwa tanggal 25 November merupakan Hari Guru Nasional yang kerap diperingati bersama dengan Ulang tahun PGRI.
  
Semoga para pahlawan tanpa tanda jasa selalu bisa berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga dapat meningkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun. Orang bisa menjadi dokter, insiyur, direktur, menteri, sampai presiden, itu semua karena adanya jasa dari guru. Guru yang telah menularkan ilmunya sehingga cita-cita yang diimpi-impikan oleh setiap orang tidak hanya menjadi isapan jempol saja.

Selamat Hari Guru Nasional. [AAA/286]

0 komentar: