Wednesday, April 18, 2018

6:46 PM
Tertera. D4 Teknik Rekayasa Jaringan dan Telekomunikasi telah tertera di papan nama prodi Jurusan Teknik Elektro, Rabu (18/4). [CAB/MTW]
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) akan membuka program studi (prodi) baru yaitu D4 Rekayasa Jaringan Telekomunikasi tahun akademik 2018/2019. Untuk tahun ini jumlah mahasiswa yang akan diterima sebanyak  25 orang dan hanya terdiri dari 1 kelas.

Ketua Jurusan Teknik Elektro PNUP, Ir. Hafsah Nirwana.M.T mengatakan prodi tersebut resmi mendapat SK dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 2017. Hafsah melanjutkan bahwa alasan prodi tersebut dibentuk karena adanya dorongan dari alumni D3 Teknik Telekomunikasi. “Prodi D4 Teknik Rekayasa Jaringan Telekomunikasi dibentuk karena para alumni sangat mengharapkan adanya prodi itu karena banyak alumni yang melanjutkan alih jenjang D4/S1 diluar,” ujar Hafsah Nirwana.

Selain dorongan dari alumni, Hafsah juga menyebut ada banyak stakeholder seperti PT Telkom, Telkomsel, Semen Tonasa, RRI, dan sebagainya yang mengharapkan adanya prodi tersebut. Prodi D4 Teknik Rekayasa Jaringan Telekomunikasi juga akan membuka alih jenjang D3 ke D4. “Iya akan dibuka setelah kelulusan angkatan pertama,” tambahnya.

Ditanyai mengenai akreditasi Hafsah menjawab, “Setiap prodi parameternya di akreditasi, tetapi untuk mencapai akreditasi harus ada tahap-tahap yang dilalui. Untuk prodi D4 Teknik Rekayasa Jaringan dan Telekomunikasi target naik akreditasinya paling tidak 4 semester atau 2 tahun berjalan.”

Dalam tindak lanjutnya segala kesiapan mengenai prodi ini telah dirampungkan, seperti tenaga pengajar, kurikulum, dan pengadaan fasilitas bahan ajar. Hafsah menutup dengan harap agar prodi tersebut dapat menjadi prodi favorit khususnya di Indonesia Timur.

Selain itu salah satu mahasiswa prodi D3 Teknik Telekomunikasi, Ainun Amaliah juga berharap adanya bentuk kerja sama antara prodi D3 dan D4 Teknik Telekomunikasi nantinya. “Harapan saya untuk prodi ini semoga mampu menjalin kerja sama satu sama lain untuk bersaing dengan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi di luar.” (CAB/MTW CAB/AAA)

0 comments: