Monday, January 8, 2018

4:08 PM


 
Perbedaan bendera negara Indonesia dan Monaco. (YOO/246)
METANOIAC.id - Setiap negara di dunia memiliki ciri khas sebagai pembeda. Salah satu simbol negara yang dapat membedakannya dengan yang lain adalah bendera. Tiap negara di dunia pun memiliki bendera yang memiliki arti. 

Indonesia dikenal dengan bendera merah putih. Namun Monako juga dikenal dengan bendera merah putih. Tentu hal ini berbeda.

Dari sisi sejarah merah putih telah digunakan di Indonesia sebelum kemerdekaan 17 Agustus 1945. Berawal dari budaya Austronesia yang melambangkan merah sebagai tanah dan putih sebagai langit. 

Selanjutnya, beberapa kerajaan yang berkuasa  di Nusantara sering kali menggunakan merah putih terutama pada saat berperang meski arti merah putih berbeda tiap kerajaan. Hal ini menjadi budaya bagi masyarakat kala itu. Hingga saat kemerdekaan, bendera merah putih baru diperkenalkan dan dikibarkan di hadapan dunia.

Sedangkan sejarah bendera Monako berawal dari corak khas keluarga penguasa di Monako pada tahun 1297, yaitu Grimaldi. Meski sering berubah desain, namun merah putih menjadi warna dasar. Bendera Monako juga pernah berdesain lambang negara di antara merah putih. Bendera merah putih Monako seperti sekarang ini baru resmi digunakan setelah 4 April 1881. 

Dari sisi ukuran, perbedaan mencolok terdapat pada ukuran bendera masing-masing. Bendera Indonesia memiliki skala 2 banding 3 sedangkan bendera Monako pada skala 4 banding 5.

Saat melihat gambar bendera merah putih, untuk membedakan bendera kedua negara adalah dengan melihat nama negara yang biasa tertera pada gambar. (TUT/261)

0 komentar: