Thursday, April 27, 2017

10:50 PM

Salah. Beberapa berkas pemohon Bidikmisi yang masuk hanya memenuhi syarat berkas PMDK (26/04/2016). (AET) 

METANOIAC.id - Selain PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat), penerimaan mahasiswa bebas tes juga dapat melalui jalur Bidikmisi . Namun dari kedua jalur tersebut memiliki perbedaan persyaratan yaitu berkas yang dimasukkan.

Jalur Bidikmisi sendiri merupakan jalur bebas tes yang disertai beasiswa langsung apabila calon mahasiswa tersebut dinyatakan lolos. Namun banyaknya yang berminat dan mengirim berkas bidikmisi ternyata tidak lepas dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa pemohon Bidikmisi.

Kesalahan yang banyak didapati oleh penyeleksi adalah banyaknya berkas Bidikmisi yang tidak lengkap. Banyak peserta yang mengajukan Bidikmisi namun kelengkapan yang berkas yang dikirim malah seleksi berkas PMDK.

“Susah untuk menerima berkas yang tidak lengkap seperti itu karena berkas PMDK dan Bidikmisi itu beda. Berkas Bidikmisi seperti surat penghasilan orang tua harus disertakan agar menjadi pertimbangan dalam penyeleksian. Apabila hanya mengirim berkas untuk PMDK dan dia ingin mengajukan Bidikmisi maka itu akan rancu,” ungkap PD1, Ibrahim Abduh (26/04/2016).

Para peserta yang melakukan kesalahan tersebut pun langsung dinyatakan tidak lolos pada tahap seleksi berkas.

(AET)

0 komentar: